Berita HSS

HUT ke-70 Gubernur Tentara ALRI Dilaksanakan di Mandapai, Gubernur Kalsel Jadi Inspektur Upacara

Peringatan HUT ke 70 Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV pertahanan Kalimantan 17 Mei 1949, dilaksanakan Jumat (17/5/2019).

HUT ke-70 Gubernur Tentara ALRI Dilaksanakan di Mandapai, Gubernur Kalsel Jadi Inspektur Upacara
Humas Pemkab HSS
Upacara Peringatan HUT Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan ke 70 di Desa Mandapai Kecamatan Padang Batung, Hulu Sungai Selatan, Jumat (17/5/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Peringatan HUT ke 70 Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV pertahanan Kalimantan 17 Mei 1949, dilaksanakan Jumat (17/5/2019).

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang dilaksanakan di lapangan Lambung Mangkurat Kandangan, HUT tahun ini dilaksanakan di lokasi sejarah tempat proklamasi dimana Kalimantan menyatakan bergabung dengan NKRI, yaitu di Desa Mandapai, Kecamatan Padang Batung HSS.

Istimewanya lagi, HUT bertepatan dengan bulan Ramadhan 1440 H, dan dihadiri Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, yang juga menjadi inspektur upacara.

Gubernur sebelumnya hadir bersama Danrem 1001 Antasari, Danlanal Banjarmasin, serta jajaran Pemprov Kalsel. Sebagai tuan rumah, Bupati HSS H Achmad Fikry hadir bersama Wakil Bupati Syamsuri Arsyad, Ketua DPRD HSS, Forkopinda HSS serta jajaran pejabat pemerintahan HSS.

Baca: Hasil Sesi Latihan FP1 MotoGP Prancis 2019: Rossi Alami Insiden, Fabio Quartararo Tercepat

Baca: Link Live Streaming Indosiar - Persela vs Madura United Liga 1 2019 Malam Ini : MU Pede

Baca: Misteri Foto Dul Jaelani Kecil di Postingan Maia Estianty, Istri Irwan Mussry Kenang Ahmad Dhani?

Baca: Terbukti Layani Pria Hidung Belang, Pekerja Warung Malam di Tapin Diputus Hakim Cuma Bayar Segini

Sedangkan peserta upacara lainnya, terdiri unsur TNI/Polri, Lanal Banjarmasin, Satpol PP HSS, PGRI, KNPI HSS, Tagana, Ormas, serta mahasiswa dan Pramuka.

Gubernur Kalsel dalam sambutannya mengatakan, peringatan kali ini diharapkan lebih berkah, khususnya dalam konteks menanamkan nilai-nilai semangan Juang yang terkandung.

Dalam proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Kalimantan. Termasuk jejak-jejak sejarah perjuangan menuju proklamasi yang dibacakan pada 17 Mei 1949 silam.
Menurutnya hari, bulan dan tahun itu merupakan sejarah penting bagi rakyat Kalsel, karena pada teks proklamasi tersebut ada pernyataan dan penegasan kepada rakyat dan dunia, bahwa gerilya Divisi IV Pertahanan Kalimantan benar-benar ada dan memiliki keluatan.

"Tekat, semangat, nilai Kejuangan, pantang menyerah, dan rasa nasionalisme sangat tepat dan relevan kembali digaungkan disetiap sanubaru kita,"ajak Gubernur.
Rangkaian peringatan HUT proklamasi tentara ALRI tersebut diisi pula dengan penyerahan hibah satu unit mobil innova untuk masyarakat Desa Batu Bini, Padang Batung, untuk dijadikan ambulance yang diterimakan Kades setempat.

Juga penyerahan tapi asih kepada para veteran dan janda veteran sebanyakm 86 paket. Penyerahan dilakukan Gubernur didampingi Danrem 101 Antasari Danlanal Banjarmasin, Bupati dan Wabup HSS.

(banjarmasinpost.co.id/hanani)

Penulis: Hanani
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved