Berita Banjarbaru

Jika Ada Protes Terkait Tarif Batas Atas dan Bawah Penerbangan, Ini yang Dilakukan Ombudsman Kalsel

Secara resmi Menhub telah menerbitkan Keputusan Menteri Perhubungan No. 106 tahun 2019 tentang Tarif Batas Atas Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi

Jika Ada Protes Terkait Tarif Batas Atas dan Bawah Penerbangan, Ini yang Dilakukan Ombudsman Kalsel
istimewa
Suasana calon penumpang pesawat di loket Lion Air di Bandara Syamsudin Noor Banjarbaru. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Tarif baru mengenai penerbangan sudah diumumkan Kementerian Perhubungan (Kemhub).

Secara resmi Menhub telah menerbitkan Keputusan Menteri Perhubungan No. 106 tahun 2019 tentang Tarif Batas Atas Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal dalam negeri yang ditandatangani pada Rabu (15/5) malam. Tarif ini mulai 8 berlaku Sabtu 18 Mei 2019.

Terbitnya keputusan menteri perhubungan ini merupakan aktualisasi dari hasil rapat koordinasi oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian yang menugaskan Kemhub untuk melakukan perubahan KM 72 tahun 2019.

Dari Banjarmasinsin juga pastinya akan menyesuaikan aturan itu. Misal dari Banjarmasin Surabaya saja itu ada tiga bagian tarif di mana A yang menggunakan pesawat niaga propeler kapasitas 30 seat tujuan Surabaya itu ada tarif batas atas (TBA) Rp 3.194. 000 dan tarif batas bawah (TBW) Rp 1.118.000.

Juga ada di kualifikasi B, pesawat kelas ekonomi propeler kapasitas 30 seat tujuan Surabaya TBA Rp 1.561.000 dan TBW Rp 546.000.

Selain itu ada di kualifikasi C, di mana pesawat jet bus, ke Surabaya itu TBA di harga Rp 1.035. 000 dan TBW Rp 362.000.

Baca: Pemangkasan Tarif Batas Atas Sudah Resmi, Harga Tiket di Banjarmasin Belum Turun Signifikan

Baca: Tarif Batas Atas Turun, Harga Tiket Pesawat di Sejumlah Travel Banjarmasin Masih Mahal

Baca: Resmi! Pemerintah Turunkan Tarif Pesawat Terbang, Menhub Minta Maskapai LCC Sesuaikan Harga Tiket

Pihak masakapai Lion Air melalui GM Lion Air di Banjarbaru Agung Purnama pastinya akan mengikuti sesuai aturan yang diatur oleh menteri perhubungan. "Kami pasti akan mengikutinya aturan itu," kata dia.

Adapun. Distric Manager Garuda Banjarmasin, Prasetyo Putro santoso mempersiapkan bpost konfirmasi langsung ke Direksi Garuda pusat.

Adapun dialah kaitan penurunan tarif batas bawah dan tarif batas atas ini juga dimonitor oleh Ombudman RI.

Kepala Ombudsman Perwakilan Kalimantan Selatan Nurcholish Madjid, Jumat (17/5/2019) menjelaskan yang memonitor langsung soal ini adalah Ombudsman RI di Jakarta. "Tapi jika ada warga yang mengeluhkan kemudian melaporkan ke kami di kantor perwakilan kita akan teruskan dengan koordinasi ke pusat," kata Nurholis Madjid. (banjarmasinpost.co.id/lis)

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved