Ramadhan 1440 H

Karpet dan Gorden Jadi Primadona Bisnis Laundry Selama Ramadhan, Peningkatan Capai 25 Persen

Kebutuhan jasa bisnis laundry semakin meningkat saat bulan Ramadhan 1440 H. Tidak hanya dari keluarga, penambahan pengguna jasa ini melibatkan

Karpet dan Gorden Jadi Primadona Bisnis Laundry Selama Ramadhan, Peningkatan Capai 25 Persen
Dokumen JB Laundry.
Suasana packingan laundry di Banjarmasin yang sudah kering. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kebutuhan jasa bisnis laundry semakin meningkat saat bulan Ramadhan 1440 H. Tidak hanya dari keluarga, penambahan pengguna jasa ini melibatkan korporasi, di antaranya masjid dan perusahaan-perusahaan.

Di Kumala Laundry misalnya, terjadi peningkatan penerimaan jasa cuci untuk item tertentu, yakni karpet. Bahkan telah terjadi kenaikan sejak sebelum bulan puasa dimulai.

"Kalau peningkatan ada, hanya saja tidak signifikan. Yang jelas meningkat adalah laundry karpet, kenaikan laundry karpet ini mencapai 20 hingga 25 persen," jelas Owner Kumala Laundry, Agus Surono kepada Banjarmasinpost.co.id, Jumat (17/5/2019).

Umumnya, untuk karpet diakuinya memang kebanjiran pengantaran dari mesjid-mesjid dan musala yang biasa terjadi di Ramadan yang memang langganan mencuci karpet.

Untuk pakaian justru tidak terlalu signifikan kenaikannya, yakni berkisar 10 persen saja dibanding bulan lainnya.

Baca: Menu Ramadhan 1440 H, Ketupat Balamak Jadi Sajian Khas Pasar Ramadhan di HSS, Ada 4 Varian Sambelnya

Baca: Bandingkan Wajah Maia Estianty & Mulan Jameela Jadi Pria, Rupa Mengejutkan Maia & Istri Ahmad Dhani

Baca: Jadwal Tayang Film Dokumenter Game of Thrones Setelah Episode Final GoT Season 8

Jasa pencucian di tempatnya dipatok dengan harga bervariasi tergantung item. Untuk pakaian masih menggunakan harga reguler Rp 9.000 per kg. Dan untuk karpet dibanderol seharga Rp 13.000 per meter persegi.

Demi meningkatkan bisnis laundry untuk item pakaian, Agus Surono memberikan penawaran menarik berupa promo yakni gratis sirup untuk pencucian pakaian sebanyak 7 kg.

"Gratis minyak goreng untuk pencucian sebanyak 10 kg. Promo hanya berlaku di gerai master franchise, dan tidak berlaku di gerai franchise," tukasnya.

Sementara itu, di JB laundry, item gorden atau tirai penutup jendela laris manis menjadi primadona yang banyak dicuci.

Menurut Sang Owner, Faridah Ariani, setiap tahunnya saat bulan puasa selalu terjadi peningkatan untuk gorden, lantaran saat lebaran menurut asumsinya, semua orang ingin terlihat bersih di setiap sudut ruangan rumah.

"Untuk karpet atau sajadah di mesjid justru kebanyakan sebelum ramadan sudah ramai. Hingga saat ini sudah menerima lebih 100 kg cucian," kata Faridah.

Untuk harga reguler dan gorden tebal Rp 7.000 per kg, dan karpet ataupun gorden tipis seharga Rp 10.000. Dibedakan harha gorden tipis dan tebal sebab gorden yang tipis cukup merugikan untuk menggunakan harga reguler.

Selain pakaian, karpet, dan horden, JB Laundry yang sudah memiliki dua cabang juga menerima cucian untuk boneka yang dibanderol Rp 5.000-40.000 tergantung ukuran.

Ada pula tas dan sepatu yang dibanderol seharga mulai Rp 15.000-25.000 per satuan tergantung ukuran dari kecil hingga besar. (Banjarmasinpost.co.id/Mariana)

Penulis: Mariana
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved