Berita Kalteng

Pembangunan Rumah Sakit Tipe A Kalteng Perlukan Dana Sebesar ini

Rencana pembangunan rumah sakit tipe A milik Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah di Jalan Tjilik Riwut km 38 arah Palangkaraya- Kasongan

Pembangunan Rumah Sakit Tipe A Kalteng Perlukan Dana Sebesar ini
tribunkalteng.co/fathurahman
Kepala Bappeda Kalteng, Yuren S Bahat 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Rencana pembangunan rumah sakit tipe A milik Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah di Jalan Tjilik Riwut km 38 arah Palangkaraya- Kasongan, Kabupaten Katingan, hingga, kini memasuki tahap studi kelayakan yang dilakukan Bappenas.

Pembangunan rumah sakit tipe A yang akan dibangun di Jalan Tjilik Riwut km 38 Trans Kalimantan arah Palangkaraya- Kasongan, Kabupaten Katingan, dianggap sangat strategis, karena mudah dijangkau oleh warga Kabupaten Katingan, Kotim dan Kabupaten Gunungmas selain warga Palangkaraya sendiri.

Keterangan Kepala Bappeda Kalteng, Yuren S Bahat, Jumat (17/5/2019), saat ini tahapan pembangunan rumah sakit tersebut masuk pada proses pengkajian kelayakan oleh konsultan yang dibiayai oleh Bappenas, sedangkan anggaran pembangunan berikutnya akan dimulai tahun 2020 dengan sistem kerjasama pemerintah dan badan usaha (KPBU).

"Target kami tahun 2020 tersebut merupakan tahapan transaksi dan peletakan batu pertama pembangunan fisik rumah sakit tersebut, sedangkan untuk pembiayaannya sepenuhnya akan dilakukan dengan cara KPBU sehingga Pemprov Kalteng, hanya terima kunci," ujarnya.

Baca: Rahasia Nia Ramadhani Dibongkar Sahabatnya pada Jessica Iskandar, Sebut Tubuh Langsing Karena Duit

Baca: Tulisan Emosi Muncul Lagi di Postingan Syahrini Setelah di Baju Reino Barack, Berkait Luna Maya?

Baca: Teriakan Luna Maya di Depan Chika Jessica Setelah Dapat Kotak dari Sosok yang Disebutnya Suami, BTS?

Baca: Intip Kesiapan Aming dan Evelyn Nada Anjani yang Ingin Menikah Lagi Usai 2 Tahun Cerai

Sedangkan dana yang diperlukan untuk pembangunannya diperkirakan mencapai Rp1 Triliun, dengan pembayaran cicilan dari hasil operasional rumah sakit dalam kurun waktu tertentu yang pengelolaanya dilakukan oleh pihak swasta melalui kerjasama badan usaha tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Tengah, Suyuti, mengungkapkan, Pembangunan RSU tersebut khusus untuk rujukan dan tipenya juga adalah tipe A yang di dalamnya memiliki kekhususan dalam penanganan penyakit atau lebih spesifik sehingga pelayanan yang dilakukan bisa lebih optimal.

"Tentu nantinya akan dilakukan perekrutan banyak tenaga kerja medis yang akan ditempatkan di rumah sakit tersebut, sehingga mulai saat ini, memang sudah mulai dilakukan peningkatan SDM untuk tenaga kesehatan yang akan dipekerjakan di rumah sakit tersebut," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Rumah Sakit Doris Sylvanus Palangkaraya, Yayu Indriarti, menambahkan, pihaknya akan sangat mendukung adanya RSUD baru tipe A sebagai upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

Karena akan semakin memudahkan pelayanan kesehatan masyarakat.

"RS Doris Sylvanus juga akan terus dibenahi agar pelayanan pasien semakin membaik, salah satunya dengan terus melengkapi SDM tenaga kesehatan," ujarnya.

(banjarmasinpost.co.id/ faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Edinayanti
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved