Ramadhan 1440 H

Jaga Kondisi Selama Ramadhan, Ini Jenis Buah yang Aman Bagi Tubuh Saat Berpuasa

Satu dari sejumlah komponen kelengkapan dalam zat untuk kebutuhan tubuh ialah hadirnya vitamin dan mineral.

Jaga Kondisi Selama Ramadhan, Ini Jenis Buah yang Aman Bagi Tubuh Saat Berpuasa
banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti
Ahli Gizi Klinik RSUD Ulin ,Wahyu Hadi Prasetiyo 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Satu dari sejumlah komponen kelengkapan dalam zat untuk kebutuhan tubuh ialah hadirnya vitamin dan mineral.

Komponen itu tentunya terdapat pada buah yang segar. Sehingga harus dikonsumsi dengan spesifikasi kulit bersih ,tidak rusak ,tidak busuk, tidak mentah, mateng, lunak.

"Tujuannya agar ketika konsumsi buah, maka aman bagi tubuh, dapat diterima tubuh tanpa memunculkan keluhan begitu selesai mengkonsumsi buah," terang  Ahli Gizi Klinik RSUD Ulin Banjarmasin, Wahyu Hardi Prasetyo, Sabtu (18/5/2019).

Ia mengatakan pada bulan puasa, penyakit tertentu tetap di dalam pemilihan buah menjadi perhatian. Semisal pada penderita diabetes melitus yang berpuasa tetap memperhatikan buah yang mempunyai kalori rendah atau mempunyai nilai indeks glikemik rendah.

Baca: Jadwal Buka Puasa Hari ke-13 (Sabtu (18/5) Ramadhan 1440 H di Jakarta Bandung Surabaya Banjarmasin

Baca: Lama Mangkrak, Begini Kondisi Bangunan Eks Kantor Pengadilan Agama Martapura

Baca: Kamera Soroti Penumpang Pesawat, Syamsudin Noor Pasang Pendeteksi Cacar Monyet

Baca: Ada Bus Gratis di Pelabuhan Tanjung Perak

Hal itu agar apabila penderita diabetes menjalankan ibadah puasa aman dan lancar tentunya memperhatikan jumlah banyak buah yang dikonsumsi.

"Terlebih juga pada penderita gangguan saluran cerna. Tentunya perhatikan jangan sampai memakan buah mentah, tidak mengandung gas tinggi, berasa asam, dan hendaknya lunak," jelasnya.

Sedangkan pada penderita gagal ginjal, papar Wahyu, tentunya membatasi buah yang mengandung kalium tinggi. Sebagaimana pisang, kurma, alpukat, tomat, melon.

Di dalam pemilihan buah disaat makan berbuka dan sahur, Wahyu menjelaskan harus memperhatikan aktifitas juga.

Sehingga sarannya, disaat berbuka hindari buah berasa asam, bergas dan mentah. Agar di dalam istirahat tidak terjadi produksi asam lambung. Hal penting pula ialahkonsumsi buah terukur jumlahnya.

Baca: Desa Mandapai Dipenuhi Tentara Pejuang

Sedangkan saat bersahur, ia menjelaskan, nuah yang baik untuk dikonsumsi haruslah mengandung air. Selain itu juga berserat tinggi. Seperti melon, semangka, pir, pisang yang mateng. Karena ketika puasa tetap akan beraktifitas.

"Nah, pada penderita penyakit-penyakit tertentu, tetap di bulan puasa perhatikan perencanaan makan. Termasuk buah agar tidak meningkat kan keluhan dan resiko bagi tubuh," saran Wahyu.

"Ingat kebutuhan buah diperlukan tubuh mengingat mengandung vitamin dan mineral sebagai komponen pendukung di dalam aktivitas tubuh," tutupnya.

(Banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved