Ramadhan 1440 H

Sering Menjadi Campuran Es Buah Saat Bulan Puasa, Ini 8 Manfaat Timun Suri Bagi Kesehatan

Selama bulan ramadhan, Buah timun suri menjadi salah satu buah yang sering dicari warga muslim di Indonesia yang tengah berpuasa.

Sering Menjadi Campuran Es Buah Saat Bulan Puasa, Ini 8 Manfaat Timun Suri Bagi Kesehatan
Banjarmasinpost.co.id/Ibrahim Ashabirin
Timun suri hasil panen warga di kawasan Tapin Utara. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Selama bulan ramadhan, Buah timun suri  menjadi salah satu buah yang sering dicari warga muslim di Indonesia yang tengah berpuasa.

Buah yang berbentuk lonjok dengan warna hijau kekuningan ini, kerap dijadikan bahan olahan es buah.  Buah ini sangat cocok untuk es buah, karena teksturnya lembut dan banyak mengandung air.

Meski dinamakan timun ternyata timun suri tidak termasuk keluarga mentimun, melainkan lebih dekat ke keluarga labu-labuan seperti buah melon.

Selain bisa enak saat disantap, timun suri juga memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh manusia. Buah ini memuat beragam nutrisi seperti asam linoleat, vitamin A, vitami C, kalium, potasium, dan magnesium yang tinggi.

Baca: Kronologi Perkelahian di Halaman Masjid Alkaromah Diungkap Polres Banjar, Fakta Baru Ini Terungkap

Baca: Mahalnya Tiket Pesawat, Ini 5 Fakta Dari Bandara Merugi Hingga Turunnya Harga

Baca: Mulan Jameela Uji Kesetiaan & Cinta Ahmad Dhani, Ini yang Dilakukan Eks Duet Maia Estianty

Dilansir dari busy.org, berikut manfaat timun suri yang berguna untuk kesehatan tubuh kita :

1. Sumber Antioksidan

Dikutip dari Mayo Clinic, timun suri mengandung beberapa zat antioksidan, seperti vitamin C, beta karoten, flavonoid, triterpen hingga lignan yang memiliki sifat anti-inflamasi.

Nah, vitamin C juga terkenal akan manfaat sistem kekebalan tubuh, dan beta karoten terbukti bermanfaat bagi penglihatan mata.

Seperti yang sudah diketahui anti oksidan memiliki kemampuan untuk membasmi radikal bebas di tubuh. Radikal bebas sering dikaitkan dengan berbagai penyakit berbahaya bagi tubuh manusia dan dapat dicegah oleh zat antioksidan.

2. Mengandung zat anti kanker

Halaman
123
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved