Kanal

Pengguna Drone Rapatkan Barisan

Balapan drone - inilah.com

JAKARTA, BPOST - Para pengguna pesawat udara tanpa awak atau drone akan ‘merapatkan barisan’. Mereka bakal berkumpul untuk membahas dan menjawab terbitnya Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 90 Tahun 2015 tentang Pengendalian Pengoperasian Pesawat Udara Tanpa Awak di ruang udara yang dilayani Indonesia.

“Kami dari komunitas, klub atau asosiasi, penghobi, toko, akan berkumpul untuk mempelajari peraturan menteri tersebut agar satu suara,” kata Boby Gunawan, salah seorang pegiat drone, Selasa (28/7).

Menurut dia, para pengguna drone berharap ada komunikasi atau sosialisasi dari pemerintah sebelum peraturan dikeluarkan karena banyak kepentingan dalam penggunaan drone yang bermanfaat. “Tanpa ada sosialisasi, tiba-tiba saja keluar peraturan itu. Kami ingin mempelajari lebih dalam lagi isi peraturan menteri itu karena banyak yang belum dimengerti,” katanya.

Sebelumnya, Menhub Ignasius Jonan mengeluarkan aturan penggunaan drone. Salah satunya, drone yang digunakan untuk kepentingan pemotretan, film, dan pemetaan harus melampirkan surat izin dari institusi yang berwenang dan pemerintah daerah yang wilayahnya akan dipotret, difilmkan, atau dipetakan.

Poin tersebut masuk item yang dicetak tebal dalam lampiran bahwa sistem pesawat udara tanpa awak mempunyai batasan penggunaan berdasarkan peralatan yang dibawanya.

Selengkapnya baca Banjarmasin Post edisi cetak Rabu (29/7/2015) atau klik http://epaper.banjarmasinpost.co.id

Editor: Halmien
Sumber: Banjarmasin Post Edisi Cetak

Video Viral Polisi Sempatkan Diri Beribadah ketika Bertugas di Belakang Suporter Bola

Berita Populer