Kanal

Lakukan Lima Cari Ini untuk Mengurangi Rontok Rambut dan Perlambat Kebotakan

Ilustrasi - huffingtonpost.com

BANJARMASINPOST.CO.ID - Kebotakan atau gugurnya rambut di kepala umum dialami para pria seiring dengan bertambahnya umur. Ada yang menjadi botak pada usia lebih muda, ada pula yang beruntung masih memiliki rambut walau sudah beranak cucu.

Hal ini dipengaruhi banyak hal, seperti faktor genetis, nutrisi, dan juga tingkat stres. Yang jelas rambut-rambut kita memang mengalami keguguran seperti pasukan yang kalah perang.

Namun ada cara atau kebiasaan yang bisa kita lakukan agar gugurnya rambut itu tidak berlangsung lebih cepat. Adam Hurly, editor perawatan kesehatan pria di GQ dan Fatherly, menyebutkan lima di antaranya:

Pijat kulit kepala Anda

Mungkin Anda sering menggosok kulit kepala Anda saat mencuci rambut dengan shampo, dan mendapati adanya rambut yang berguguran. Itu artinya Anda menggosok terlalu kuat.

Pijatan yang dimaksud di sini adalah menekan-nekan kulit kepala dengan lembut, bukan menggaruknya. Pijatan akan membuat helai dan akar rambut menjadi lebih kuat, karena memicu aliran darah ke kulit kepala dan memperlancar pasokan nutrisi pada rambut.

Dengan nutrisi cukup, rambut akan menjadi lebih tebal, kuat, dan tidak mudah rontok. Selain itu pijatan di kepala memberi rasa nyaman dan mengurangi ketegangan.

Lebih banyak kondisioner, sedikit shampo

Penting untuk mencuci rambut Anda secara teratur. Namun mencucinya dengan shampo setiap hari akan memberi efek sebaliknya. Shampo mengandung pembersih dan deterjen yang membuat rambut justru terlalu kaku dan kehilangan minyak yang berfungsi melindunginya. 

Pencucian setiap hari, apalagi setiap kali mandi, membuat rambut lebih rentan patah dan rontok. Maka lebih baik mencucinya tiap dua atau tiga hari sekali. Lalu beri kondisioner yang memperkuat rambut. Gunakan shampo dahulu, baru kondisioner, karena shampo akan menghilangkan kotoran dan minyak berlebih, sedangkan kondisioner mengembalikan kelembutan rambut.

Halaman
12
Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kompas.com

Video Viral Polisi Sempatkan Diri Beribadah ketika Bertugas di Belakang Suporter Bola

Berita Populer