Kanal

Wisata Susur Sungai Makin Diminati Wisman, Menandakan Banjarmasin Memang Kota Sungai

Wisata sungai di Kota Banjarmasin. - BANJARMASINPOST.co.id/isti rohayanti

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN- Semenjak tahun 2016 hingga 2017, wisata sungai di Kota Banjarmasin meningkat.

Hal itu terlihat dari data yang diberikan oleh Kepala Bidang Pariwisata, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Banjarmasin, Khuzaimi kepada Banjarmasin Post, Selasa (22/11/2017).

Dari data yang terlihat jumlah pengunjung nampak fluktuatif. Dimana ada bulan tertentu wisata susur sungai menjadi tinggi.

Khuzaimi mengatakan saat ini wisata susur sungai menjadi meningkat karena diminati oleh wisatamancanegara dan wisata nusantara. Dimana hal itu karena ekplor budaya sungai tidak dipunyai oleh daerah lain.

Baca: Pulau Kupang Bisa Dijadikan Wisata Susur Sungai, Ini Daya Tariknya

Baca: Barito Putera Cuci Gudang? Ternyata Pertahankan Total 20 Pemain, Ini Penjelasannya

"Terlihat dari data, wisata susur sungai turun karena bulan ramadhan yaitu pada bulan Juni. Sedangkan Juli kembali meningkat karena memasuki liburan setelah hari raya," terang Khuzaimi.

Lelaki yang akrab disapa Jimi itu menjelaskan kenaikan wisata susur sungai tersebut menunjukan bahwa indikasi Banjarmasin Kota Sungai memang benar adanya.

Terlebih apabila berhitung jumlah penduduk Banjarmasin yang mencapai 660 ribu jiwa hampir sama dengan jumlah kunjungan wisata susur sungai yang mencapai 524 ribu jiwa. Itu pun diternagkan Jimi belum termasuk kunjungan di manara pandang, rumah anno dan wisata religi.

Sementara itu, kedepannya Jimmi mengatakan dinasnya akan meningkatkan rute canal tour city Banjarmasin yaitu melintasi sungai Kelayan. Terlebih saat ini sudah siap delapan unit kelotok terbuka milik warga untuk susur sungai tersebut. Selain itu juga akan ada jalur susur sungai Kampung Hijau, Sungaibilu, Banjarmasin.

(Banjarmasinpost.co.id/ Isti Rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Didik Trio
Sumber: Banjarmasin Post

Ditemukan Tewas di Sawah, Mahasiswi Aceh Ternyata Dibunuh Pacar karena Alasan Ini

Berita Populer