Kanal

Pemkab Batola Luncurkan Aplikasi LAPOR, Ini Manfaat dan Cara Mengaksesnya

Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Kuala (Sekdakab Batola) Ir H Supriyono, saat Pengambilan Sumpah dan Pelantikan 133 Kepala Sekolah Dasar di lingkungan Pemkab Batola di Aula Dinas Pendidikan (Disdik) Batola, Kamis (21/4/2016). - Istimewa

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Baritokuala, Ir Supriyono, mengatakan aplikasi LAPOR merupakan situs pengaduan untuk mendorong keterbukaan pemerintah dan memudahkan masyarakat dalam mencari dan mengolah data untuk berbagai kebutuhan.

Dengan harapan melalui dapat mendorong inovasi dan kolaborasi sebagai solusi untuk pemerintahan yang lebih baik.

Situs LAPOR, kata Supriyono, merupakan perwujudan inisiatif One Data yang berlandaskan pada Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

“Saat ini telah tersedia 1.001 dataset berbagai sektor, antara lain ekonomi, pendidikan, kesehatan, energi, serta kependudukan,” ujarnya.

Sarana aspirasi dan pengaduan masyarakat berbasis media sosial itu bisa diakses lewat https://www.lapor.go.id/, SMS ke nomor 1708 atau mobile apps yang dapat didownload di (https://play.google.com/store/apps/details?id=com.lapor),” katanya.

Sekda menuturkan, data pengaduan masyarakat dalam format terbuka, maka tidak hanya pemerintah yang dapat memanfaatkan data tetapi juga dapat digunakan seluas-luasnya oleh berbagai kalangan.

"Seperti akademisi, peneliti, investor, dan jurnalis yang semakin meneguhkan komitmen dalam mendukung transparansi dan akuntabilitas dalam kerangka gerakan good governance dan clean government Indonesia,” katanya.

Supriyono menambahkan, masyarakat kini tak lagi pasif dalam pembangunan, namun juga dapat berperan aktif menjadi mitra pemerintah untuk mendukung pembangunan yang lebih efektif. (BANJARMASINPOST.co.id/AOL)

Penulis: Rahmadhani
Editor: Ernawati
Sumber: Banjarmasin Post

Pimpin Selawatan di Panggung, Wanita Ini Mendadak Pingsan lalu Meninggal Dunia

Berita Populer