Kanal

Dunia Terbalik! Sekarang Motor Baru Malah Dibikin Jadul, Katanya Supaya Bergaya 'Retro Bin Jadul'

Pemilik bengkel R2 Custom Banjarmasin, Arifin dengan motor retronya - hasby

BANJARMASINPOST. CO.ID - Motor-motor zaman dulu kini berseliweran di jalan raya, pengendaranya tidak hanya pria berumur bahkan kini digandrungi anak muda. Hanya saja, motor zaman dulu yang dikendarai anak muda kebanyakannya produk custom.

Pemilik bengkel R2 Custom Banjarmasin, Arifin mengatakan, dua tahun terakhir booming ala-ala retro. Retro ini adalah sebenarnya motor jaman dulu seperti orisinal pabrikan diantaranya Honda CB 100, Honda C70.

Baca: Wow! Ada Buah Mirip Makhluk Luar Angkasa di Amuntai, Rasanya Manis dan Ditunggu-tunggu

“Tetapi sekarang justru motor baru dibikin jadul, seperti Kawasaki Ninja 250, Yamaha Scorpio, Kawasaki Klx dan Honda Tiger dan sejenisnya,” katanya.

Umumnya pemiliknya mecustom sesuai yang diinginkan, dengan berkiblat pada motor retro dan motor jadul. Bengkel beralamat di Jalan Pramuka tembus pal 6 Banjarmasin itu menerima pesanan custom motor menjadi jadul.

Baca: Surat Terbuka Ulin Yusron untuk Amien Rais: Pak Tua Sudahlah, Engkau Sudah Terlihat Lelah!

Bagi pria yang akrab disapa Ifin shock itu, tidaklah sulit memodifikasi motor sekarang menjadi jadul. Pertama kali memperhatikan konstruksi dan perakitan sparepart.

Sebulan bengkelnya bisa mengerjakan dua motor, tergantung tingkat kesulitan. Penyesuain tinggi badan pemiliknya dengan motor yang akan dicustom, karena demi kenyamanan berkendara.

Soal biaya, tergantung permintaan pemiliknya menginginkan customs seperti apa. Rata-rata pemilik motor harus menyesuaikan budget dengan yang diinginkan tersebut.

“Bisa saja puluhan juta jika sparepart yang diinginkan orisinal dan kualitas bagus. Tetapi kalau ongkos merakit bisa nego,” tambahnya.

Halaman
12
Penulis: Hasby
Editor: Didik Trio
Sumber: Banjarmasin Post

Pimpin Selawatan di Panggung, Wanita Ini Mendadak Pingsan lalu Meninggal Dunia

Berita Populer