Kanal

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi, Kopertis Wilayah XI Kalimantan Dapatkan 5 Orang Terbaik ke Nasional

Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah XI Kalimantan, M Akbar menyerahkan piagam pengahargaan dan uang tunai kepada peserta Pilmapres terbaik - Istimewa

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kopertis Wilayah XI Kalimantan bersama Direktorat Kemahasiswaan menyelenggarakan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Tingkat Kopertis Wilayah XI Kalimantan, Selasa (10/4/2018) lalu.

Dimana acara itu bertujuan untuk mencapai indikator kinerja Kementerian Riset Teknologi, dan Pendidikan yaitu meningkatkan jumlah mahasiswa berprestasi.

Disampaikan oleh Sekretatis Pelaksana Kopertis Wilayah XI kalimantan, M Akbar, peningkatan jumlah mahasiswa berprestasi tersebut satu di antaranya didukung melalui kegiatan pemilihan mahasiswa berprestasi.

Ia menerangkan, pemilihan mahasiswa berprestasi (Pilmapres) telah dimulai sejak tahun 1986 yang dalam pelaksanaannya mengalami pasang surut termasuk pergantian nama atau istilah dan akronim.

Penggunaan istilah pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) dimulai tahun 2004 yang kemudian pada tahun 2017 dimulai dengan akronim Pilmapres.

Ia mengatakan, Pilmapres dinilai telah memberikan dampak positif pada budaya berprestasi dan menghargai prestasi serta karya mahasiswa, termasuk model pembinaan mahasiswa di kalangan perguruan tinggi.

Selain itu juga secara langsung atau tidak langsung dapat mengangkat martabat mahasiswa serta perguruan tingginya.

Pelaksanaan Pilmapres akan terus ditingkatkan kualitasnya dalam rangka memberikan motivasi berprestasi di kalangan mahasiswa dan menciptakan budaya akademik yang lebih baik.

Selain itu, ia harapkan proses pemilihan ini dapat diadopsi menjadi sebuah sistem pembinaan prestasi di perguruan tinggi.

Pada Tahun ini Pilmapres mengangkat tema “Sustainable Development Goals” yang diselenggarakan dalam dua kategori pemilihan, yaitu Pilmapres Program Sarjana dan Pilmapres Program Diploma. Pada Acara tersebut juga, diikuti oleh 16 perwakilan mahasiswa berprestasi dari 16 PTS dilingkungan Kopertis Wilayah XI.

Dalam kegiatan Pilmapres, masing-masing peserta menyampaikan persentase terkait ide yang ia sampaikan. Baik inovasi dalam hal usaha, ekonomi hingga pendidikan.

Selanjutnya akan dipilih satu orang mahasiswa beprestasi dari seleksi ini yaitu terbaik satu untuk melanjutkan pilmapres tingkat nasional.

Akbar mengatakan, nantinya para peserta yang jadi pemenang akan dilakukan pembinaan guna menghadapi pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat nasional.

Lantas, dari kegiatan itu, ia pun berharap mahasiswa yang lolos, dimana Kopertis Wilayah XI Kalimantan mendapatkan jatah lima peserta bisa bersiang dalam tingkat nasional.

"Untuk tingkat nasional, dari jatah lima orang ini saya berharap mereka memenangkan level nasional perwakilan Kalimantan. Sehingga bisa menjadi motivasi untuk yang lain," ucap Akbar.

Ada lima terbaik dalam Pilmapres tersebut. Mereka ialah para mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi. Dimana kelima terbaik itu di isi oleh mahasiswa dari STT Migas Balikpapan Nashara Ulpah, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya, Sholahudin Shoum Abdurrohman.

Kemudian dari STIKES Yasri Pontianak, Beta Karlistiy Aningsih, Mahasiswa STIE Mulia Singkawang, Albert Danil dan dari Universitas Muhammadiyah Pontianak, Selly Novira.(adv/*)

(Banjarmasinpost.co.id/ Isti Rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Didik Trio
Sumber: Banjarmasin Post

Wanita Tewas Dalam Lemari Pernah Unggah Foto Bersama Pelaku, Sempat Usir dari Kos sebelum Dibunuh

Berita Populer