Kanal

PDAM Intan Banjar Mengimbangi Kemajuan Kota Banjarbaru

Pekerjaan pemasangan jaringan perpipaan yang dilakukan PDAM Intan Banjar. - PDAM Intan Banjar

BANJARMASINPOST.CO.ID - Air bersih merupakan suatu kebutuhan masyarakat sehari-hari. Peran pemerintah dalam menyediakan air bersih bagi masyarakatnya adalah sangat mutlak.

Pemerintah Kota Banjarbaru, terus mengupayakan dan menjaga ketersediaan air bersih untuk masyarakatnya. Menjalin kerja sama dan melakukan penyertaan modal kepada PDAM Intan Banjar, merupakan salah satu langkah yang dilakukan Pemko Banjarbaru untuk menyediakan air bersih bagi masyarakat.

Di sisi lain, guna meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat di Kabupaten Banjar dan Kota Banjarbaru, PDAM Intan Banjar terus berupaya agar kuantitas, kualitas, kontinuitas serta tekanan pendistribusian air ke pelanggan dapat ditingkatkan.

Beberapa upaya yang telah dilakukan Pemerintah Kota Banjarbaru dan PDAM Intan Banjar adalah memperbesar diameter pipa pada beberapa lokasi pelayanan seperti Booster muslimin.

Kalau sebelumnya menggunakan diameter pipa 200 milimeter, sekarang 300 milimeter untuk wilayah Sungaiulin sepanjang 1,8 kilometer di Jalan Kelapa Gading tembus ke BLK. Kemudian wilayah Cempaka sepanjang 1,6 km dari Jalan Kelapa Sawit koneksi dengan pipa 300 milimeter. Bahkan akan ditambah panjang perpipaannya menyesuaikan ketersediaan anggaran yang ada.

Dampak perbesaran diameter pipa tersebut, beberapa wilayah, Jalan Jeruk, Perambaian dan BLK, bila ebelumnya aliran air yang mengalir belum 24 jam, sekarang sudah mendapatkannya. Begitu juga wilayah yang sebelumnya belum mendapat akses air PDAM, yaitu Banyuirang, sekarang sudah mendapatkan air bersih. Itu dilakuan dengan beberapa program yang ada, seperti MBR APBN, Promo ataupun pemasangan langsung.

Dalam hal menjamin ketersediaan air bersih bagi masyarakat, Pemerintah kota Banjabaru terus memberikan dukungan akses air minum kepada masyarakat Banjarbaru. Terobosannya, melaksanakan pemasangan jaringan untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) di Kecamatan Banjarbaru Utara, yakni optimalisasi MBR pipa 50-100 milimeter di Jalan Sirkuit Sungaiulin sepanjang 2.758 meter.

Kemudian di Kecamatan Lianganggang, optimalisasi MBR pengembangan kawasan Pengayuan Kelurahan Landasan Ulin Selatan diameter pipa 50-100 milimeter sepanjang 2.108 meter.

Kecamatan Landasan Ulin optimalisasi MBR pengembangan wilayah Trikora di Kelurahan Guntungmanggis dengan diameter pipa 50-100 molimeter sepanjang 2.688 meter. Kemudian optimalisasi MBR di Kecamatan Cempaka diameter pipa 50-100 milimeter. Untuk pengembangan wilayah kawasan Cempaka dan pengembangan kawasan Palam, Kelurahan Palam, masing-masing sepanjang 1.917 meter dan 3.365 meter.

Dalam hal perbaikan kualitas air, PDAM Intan Banjar telah menggunakan system elektro clorinator yang terpasang di Instalasi Pengolahan air (IPA) Peramuan, Landasan Ulin.

Alat ini mengolah larutan garam menjadi clorin, menggantikan sistem pembubuhan kaporit sebagai disinfektan yang dipergunakan untuk membunuh bakteri yang ada di jaringan perpipaan pelanggan.

Wali Kota Banjarbaru, H Nadjmi Adhani (kiri) bersama jajaran Pemkab Banjar dan Direksi PDAM Intan Banjar memberikan semangat kepada karyawan PDAM Intan Banjar dalam sebuah kegiatan di halaman kantor PDAM. (PDAM Intan Banjar)

"System electro-clorin ini tentunya lebih aman dan sangat ramah lingkungan karena karena residu yang dihasilkan hampir tidak ada dan tidak menimbulkan bau dibanding kaporit," ujar Direktur Teknik PDAM Intan Banjar, H Said Umar.

Kerja sama dan sinergitas PDAM Intan Banjar dengan Pemko Banjarbaru tidak hanya dalam hal penyediaan air bersih bagi masyarakat, tetapi juga dalam memperindah Kota Banjarbaru.

Dalam hal mempercantik Kota Banjarbaru, PDAM Intan Banjar juga melakukan perbaikan menara PDAM di Taman Van Der Pijl. Kalau sebelumnya, kurang terawat. Setelah didukung PDAM Intan Banjar, menjadi lebih indah dan cantik, melalui seni mural atau lukisan dinding.

Ide mempercantik menara PDAM tersebut merupakan inspirasi dari Wali Kota Banjarbaru, H Nadjmi Adhani, dan Wakil Wali Kota Banjarbaru, H Darmawan Jaya Setiawan.

Alhasil, selain terlihat cantik dan menarik, menara PDAM itu kini menjadi ikon Kota Banjarbaru dan menjadi kunjungan wisataawan, baik dari dalam maupun luar Kota Banjarbaru.

Tower PDAM Intan Banjar di Taman Van Der Piejl yang kini jadi lebih menarik. (PDAM Intan Banjar)

Tidak berhenti sampai di situ, pada 2018 ini juga PDAM Intan Banjar sedang mempersiapkan pekerjaan pemasangan jaringan perpipaan di ameter 500 milimeter secara bertahap.

Tahapan awal pemasangannya dimulai dari IPA Pinus sampai Karanganyar. Pemasangan perpipaan ini tidak lain guna menopang kebutuhan air di Bandara Syamsudin Noor dan pemenuhan kebutuhan air masyarakat di sekitar bandara. Pemasangan jaringan perpipaan tersebut didanai dari penyertaan modal Pemko Banjarbaru dan Kabupaten Banjar. Dan selanjutnya dukungan penyertaan modal dari pemprov kalsel.

Tifak bisa dipungkiri, berkembangnya bandara akan berdampak pada tumbuh dan berkembangnya permukiman di sekitar bandara sehingga ketersediaan air bersih untuk kawasan itu pun mutlak dilakukan. )

 Dukungan Eksekutif dan Legislatif

Memasuki usia ke-19, Kota Banjarbaru merupakan sebuah kota yang terus berkembang secara pesat, baik dari sisi pembangunan maupun pertumbuhan penduduknya. Banjarbaru memberikan tantangan bagi PDAM Intan Banjar guna ikut berkembang dan memberikan pelayanan yang lebih prima.

Saat ini, pelanggan PDAM di Kota Banjarbaru berjumlah 40.000. Sehingga PDAM Intan Banjar harus bisa memberikan pelayanan maksimal hingga ke daerah-daerah yang sebelumnya sulit air bersih.
Alhamdulillah, kini daerah-daerah yang semula sulit air bersih sudah bisa teratasi. Semisal di Lianganggang kawasan perbatasan Kota Banjarbaru dengan Kabupaten Tanahlaut.

Ket: Direktur Utama PDAM Intan Banjar Syaiful Anwar

Program mendistribusikan air bersih ke daerah-daerah sulit tersebut tentunya bukan hanya peran PDAM Intan Banjar semata tetapi juga pihak eksekutif dan legislatif di Pemko Banjarbaru melalui penyertaan modal.

Kedepan, sinergi antara PDAM Intan Banjar dengan Pemko Banjarbaru, Pemkab Banjar dan Pemprov Kalsel juga akan terlihat pada pengembangan perpipaan dan pelayanan ke bandara Syamsudin Noor dan kawasan sekitar bandara.

Pengembangan PDAM Intan Banjar akan terus mengimbangi kemajuan pembangunan di Kota Banjarbaru. (aol)

Editor: Royan Naimi
Sumber: Banjarmasin Post

Benarkah Mie Ayam Tugu Lilin Pajang Solo Pakai Pesugihan Pocong? Yuk Mampir ke Warungnya

Berita Populer