Kanal

Dalam Rangkaian TMKK dan Hari Jadi ke 66 HSU, Dua Hari Akan Operasi Katarak 106 Orang

Operasi Katarak di RS Pembalah Batung dalam rangkaian Hari Jadi Ke-66 HSU dan Pencanangan TMKK - banjarmasinpost.co.id/reni kurniawati

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Rangkaian Peringatan Hari Jadi HSU ke 66 dan TNI Manunggal KB Kesehatan Tingkat Nasional (TMKK) sudah berlangsung, salah satunya dengan dengan kegiatan bakti sosial operasi katarak massal di Rumah Sakit Pembalah Batung Amuntai, Senin (30/04/2018).

Kegiatan ini dihadiri oleh Paban-3 Ster Mabes TNI Kolonel Kav Hafrudin Daeng dan Kakesdam VI/Mulawarman kolonel Ckm Triatmodjo dan dibuka oleh Bupati HSU Abdul Wahid.

Direktur RSUD pembalah Batung dr Agus Fidliansyah mengatakan kasus bibir sumbing masih cukup tinggi di Indonesia, dimana dalam satu tahun tercatat ada 250 ribu pasien dan kemampuan untuk mengoperasi baru sekitar 170 ribu.

Baca: Doa Malam Nisfu Syaban dan Niat Puasa Nisfu Syaban Dalam Bahasa Arab dan Latin

Dengan kegiatan inilah diharapkan dapat meningkatkan angka operasi katarak, di Kabupaten HSU sendiri sejak 2013 sudah melakukan operasi katarak sekitar 2000 pasien yang dilakukan oleh Pemda HSU, pihak rumah sakit juga melakukan kegiatan rutin yang sampai saat ini sudah melakukan operasi sekitar 900 pasien.

"Dalam peringatan Hari Jadi Ke 66 dan Pencanangan TMKK Nasional akan dilakukan operasi katarak sebanyak 106 orang yang terbagi dalam dua hari, juga melakukan operasi bibir sumbing berjumlah 10 orang," ujarnya.

Bupati HSU Abdul Wahid dalam sambutannya mengatakan Pemda HSU sangat bersyukur dan bangga menjadi tuan rumah Pencanangan TMKK. Dengan kegiatan ini meskipun belum menampung semua pasien namun warga bisa tetap menjalankan operasi katarak setiap hati kerja. Jika terdaftar sebagai peserta BPJS dan Jamkesda pengobatan dan operasi katarak bisa dilakukan dengan gratis.

Baca: Pembuktian Spasojevic di Laga Timnas U-23 Indonesia vs Korea Utara PSSI Anniversary Cup 2018

"Sampaikan kepada seluruh masyarakat bahwa operasi katarak bisa dilakukan kapan saja jika kondisinya memungkinkan," ujarnya

Selain wujud sosial kepada masyarakat kegiatan Bakti Sosial Kesehatan yang dilaksanakan oleh TNI adalah untuk memperkokoh Kemanunggalan TNI dengan rakyat, karena TNI lahir dari rakyat dan rakyat adalah ibu kandung TNI. Bersama rakyat TNI kuat, maka rakyat yang kuat harus sehat, inilah yang dilakukan oleh prajurit-prajurit TNI. imbuh Mayor Caj Iskandar. (banjarmasinpost.co.id/nia)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Banjarmasin Post

Viral Reaksi Ketum PSSI Edy Rahmayadi Menutup Wawancara Sepihak, soal Insiden Tewasnya The Jak Mania

Berita Populer