Kanal

Membumikan Perguruan Tinggi, Kopertis XI Peringati Hardinas Bersama PTS Daerah 3T

Koordinator Kopertis Wilayah XI Kalimantan, Profesor Idiannor Mahyudin foto bersama maahasiswa setelah upacara peringatan Hardiknas di Universitas Tunajaya, Bontang, Kalimantan Timur Rabu (2/5/2018). - Humas Kopertis Wilayah XI Kalimantan

BANJARMASINPOST.CO.ID, BONTANG - Ada yang Spesial tahun ini dalam pelaksanaan Hardiknas, Kopertis Wilayah XI Kalimantan mengadakan Upacara Hardiknas di dua tempat.

Pertama, terpusat di Universitas Tunajaya, Bontang, Kalimantan Timur dan yang kedua di Halaman Kantor Kopertis Wilayah XI, Banjarmasin. Ini merupakan pertama kalinya Kopertis XI Kalimantan, melakukan upacara di PTS di daerah 3T.

Pada acara Upacara Hardiknas yang terpusat di Universitas Trunajaya Bontang, Rabu (2/5/2018) dihadiri oleh unsur pimpinan PTS dan Mahasiswa PTS di Bontang, yakni Universitas Trunajaya Bontang, STTI Bontang, Stitek Bontang, STMIK PPKIA Takanita, dan Ketua Yayasan PTS di Kalimantan Timur, serta Pimpinan PTS se Kalimanatan timur dan utara yang mendapatkan undangan untuk menerima penghargaan.

Selaku pembina upacara adalah Koordinator Kopertis Wilayah XI Kalimantan, Profesor Idiannor Mahyudin.

Pada peringatan Hardiknas kali ini, Kemenristekdikti secara khusus mengusung tema "Membumikan Pendidikan Tinggi, Meninggikan Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia".

Tema ini dilatarbelakangi oleh misi Kemenristekdikti untuk menjadikan pendidikan tinggi sebagai agenda publik. Oleh sebab itu, kegiatan yang digelar pun melibatkan berbagai elemen masyarakat, dari mulai mahasiswa, akademisi, peneliti, komunitas, hingga masyarakat.

Koordinator Kopertis Wilayah XI Kalimantan Profesor Idiannor Mahyudin saat menjadi inspektur upacara Hardiknas di Universitas Tunajaya, Bontang, Kalimantan Timur, Rabu (2/5/2018). (Humas Kopertis Wilayah XI Kalimantan)

"Pelaksanaan upacara Hardiknas tahun 2018 di daerah dan beberapa PTS daerah 3T di ikutkan sebagai bukti keseriusan pemerintah, kementerian Ristekdikti RI, khususnya Kopertis Wilayah XI memberikan perhatian dan pembinaan kepada PTS. Mari maju bersama meningkatkan mutu, bergandengan tangan, bergotong royong" Ajak Prof Idiannor.

"Saya harapkan ini menjadi penyemangat, dan PTS pun bersemangat untuk terus meningkatkan mutu Akreditasinya," kata Profesor Idiannor.

Dalam upacara ini juga diberikan penghargaan Koordinator Kopertis XI kepada Yayasan dan PTS di Wilayah Kalimantan Timur. Adapun penghargaan diberikan kepada 6 (enam) yayasan dengan Kategori Yayasan yang sangat peduli dengan PTS nya dan tidak bermasalah Tahun 2018.

Peserta Upacara Hardiknas Universitas Tunajaya, Bontang, Kalimantan Timur. (Humas Kopertis Wilayah XI Kalimantan)

1. Ketua yayasan keluarga alumni universitas gajah mada samarinda ( Akademi Farmasi Samarinda)

2. Ketua yayasan pembina pendidikan mahakam ( Universitas Widya Gama Samarinda)

3. Ketua BPH Persyarikatan Muhammadiyah (Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur)

4. Ketua Yayasan Pendidikan Bessai Berinta (Stitek Bontang)

5. Ketua Yayasan Pendidikan Tinggi Dharma Wirawan Kalimantan Timur (Universitas Balikpapan)

6. Ketua Yayasan Sekolah Tinggi Teknologi Minyak dan Gas Balikpapan (STT Migas Balikpapan)

Koordinator Kopertis Wilayah XI Kalimantan Profesor Idiannor saat memberi penghargaan. (Humas Kopertis Wilayah XI Kalimantan)

Kemudian penghargaan Koordinator Kopertis Wilayah XI kepada 5 (Lima) PTS:

1. Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda, sebagai Terbaik Kedua, Kategori Jumlah Publikasi Internasional Terbanyak Januari - Maret 2018

2. Stikes Wiyata Husada Samarinda, sebagai Terbaik Pertama, Kategori Jumlah Mahasiswa yang berwirausaha terbanyak, Periode Januari - Maret 2018

3. Akbid Mutiara Mahakam Samarinda, sebagai Terbaik Kelima, Kategori Humas (Bidang Media Sosial) PTS se Kalimantan, Periode Januari - April 2018

4. Akbid Mutiara Mahakam Samarinda, sebagai Terbaik Pertama, kategori Prestasi Dalam Bidang Kemahasiswaan Pada Data SIMKATMAWA periode sampai dengan April 2018

5.STMIK PPKIA Tarakanita Rahmawati Tarakan, sebagai Terbaik ketiga, Kategori Jumlah Mahasiswa yang berwirausaha terbanyak, periode Januari - Maret 2018

6.Rektor Universitas Trunajaya Bontang, sebagai Tuan Rumah pada acara rangkaian Hardiknas Tahun 2018

Dalam upacara Hardiknas yang dilaksanakan di Kantor Kopertis Wilayah XI, juga diserahkan beberapa penghargaan untuk PTS Kalsel, Kalteng dan Kalbar. (aol)

Editor: Royan Naimi

Gadis di Sumbar Diperkosa Teman Pacar saat Kelelahan Mendaki Gunung hingga Akhirnya Tewas

Berita Populer