Kanal

Haedar Nashir Akan Resmikan Gedung Baru UM Banjarmasin, Kampus Terapung Pertama di Indonesia

Gedung Universitas Muhammadiyah Banjarmasin. Foto diambil Kamis (3/5/2018) - BANJARMASINPOST.co.id/isti rohayanti

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir, pada Sabtu (5/5/2018) akan meresmikan gedung utama kampus Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.

Gedung yang terletak di Jalan Gubernur Sarkawi, Lingkar Utara, Kabupaten Barito Kuala, tersebut menyajikan konsep floating kampus (kampus terapung).

Diterangkan oleh Rektor UM Banjarmasin, Prof Akhmad Khairudin, kampus UM Banjarmasin kali ini menawarkan konsep kampus terapung pertama di Indonesia.

Baca: Dulu Pamer Gepokan Uang dan Zakat Rp 1,3 Miliar, Kini Syekh Puji Berubah 360 Derajat!

Disampaikan oleh Rektor UM Banjarmasin, tercetusnya kampus terapung ini terinspirasi dari wisata pasar apung, yang merupakan identitas khas wisata Kalimantan Selatan (Kalsel).

“UM Banjarmasin berkeinginan untuk menjadi kampus yang berwawasan lokal dan juga menciptakan wisata kampus. Sehingga dihadirkan lah kampus terapung ini,” terang Prof Khairuddin, Kamis (3/5/2018).

Selain sebagai wisata kampus, gedung tersebut juga akan dijadikan sebagai pusat pemberdayaan tumbuhan-tumbuhan herbal khas Kalimantan.

(Foto: Dok. pribadi) Rektor UM Banjarmasin, Prof Ahmad Khairuddin, mengayuh jukung di danau kampus UM Banjarmasin. Foto dirilis Kamis (4/5/2018) (via BANJARMASINPOST.co.id/isti rohayanti)

“Gedung ini nantinya juga akan tersedia laboratorium farmasi yang akan menjadi pusat studi tumbuhan herbal yang ada di Kalimantan,” jelasnya.

Prof Khairuddin juga mengungkapkan kalau gedung yang telah berhasil dibangun selama dua tahun itu telah menghabiskan biaya sebesar Rp 45 miliar.

Selain peresmian gedung utama, dalam kesempatan tersebut nantinya juga akan dilakukan peletakan batu pertama pendirian Masjid dan UM Banjarmasin Convention Center.

Selain masjid, Prof Khairuddin mengatakan gedung Convention Center yang mampu menampung 2.500 orang itu juga akan tersedia beragam fasilitas penunjang lainnya, yaitu food court, dan juga hotel.

Bahkan rencanananya agenda peresmian dan peletakan batu pertama masjid dan convention center tersebut juga akan dihadiri oleh Duta Besar Arab Saudi, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Malik Fadjar, serta Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor.
(Banjarmasinpost.co.id/ Isti Rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Ernawati
Sumber: Banjarmasin Post

Aldi Novel Adilang Hanyut hingga ke Jepang: Saya Hanya Berdoa, dan Hiu Itu Pergi

Berita Populer