Kanal

Kenapa Wanita Sedang Menopause, Mudah Marah? Ini Jawaban Pakar

ilustrasi - livinghealth

BANJARMASINPOST.CO.ID- Memasuki usia menopause, wanita akan mengalami berbagai penurunan fungsi tubuh dan perubahan emosional. Karena itulah, cenderung menunjukkan beberapa gejala menopause yang mudah terlihat seperti perubahan suasana hati dan ketidaktenangan secara psikis, misalnya menjadi mudah marah dan tersinggung (sendi bingit).

Lantas, apa yang menyebabkan wanita menopause lebih mudah marah? Berikut penjelasan Wahyu Hardi Prasetiyo SSTG MPH RD/Dietesien RSUD Ulin Banjarmasin.

Ditemui di Ruang Asoka RSUD Ulin Banjarmasin, ia menjelaskan, bagi wanita, perimenopause dan menopause adalah bagian alamiah dari proses penuaan.

"Perimenopause adalah masa transisi sebelum wanita mengalami menopause. Pada masa inilah wanita cenderung mengalami sejumlah masalah emosional dan perubahan suasana hati, seperti mudah panik, cemas, marah yang ekstrem secara tiba-tiba, bahkan depresi," jelasnya.

Seiring bertambahnya usia, wanita menyadari bahwa dirinya semakin menua dan mulai beralih ke fase kehidupan yang berbeda, seperti menjadi sering mengalami stres akibat kurang tidur dan hot flashes (kondisi kepanasan yang kerap dialami oleh wanita menopause).

Menurut Ahli Gizi, Wahyu Hardi Prasetiyo (BANJARMASINPOST.co.id/hasby)

"Hal inilah yang seringkali menjadi dalang naik-turunnya suasana hati atau mood para wanita yang menginjak masa menopause," papar Wahyu.

Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists, perubahan hormon yang fluktuatif saat menopause membuat wanita lebih mudah tersinggung bahkan tertekan.

Salah satu hormon yang memegang kunci utamanya adalah hormon estrogen yang mengatur sebagian besar fungsi reproduksi wanita.

Saat mendekati masa menopause, ovarium akan mulai memperlambat produksi estrogen sehingga cenderung menimbulkan sensasi hot flashes pada wanita menopause.

Selain itu, estrogen juga berperan dalam mengendalikan seberapa banyak kadar serotonin yang diproduksi. Serotonin ini merupakan bahan kimia yang membantu mengatur suasana hati.

Halaman
123
Penulis: Salmah
Editor: Didik Trio
Sumber: Banjarmasin Post

Kronologi Anggota The Jak Mania Tewas Dikeroyok Oknum Suporter Persib, sempat Minta Tolong

Berita Populer