Kanal

Pesona Budaya Dayak Ma’anyan Desa Warukin

tarian legenda desa warukin yang mengisahkan perjalanan terbentuknya desa Warukin yang berasal dari seorang yang bernama Nauhara yang berkelana dan kemudian menetap di wilayah tersebut. - istimewa/yabn

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - INDONESIA merupakan negara yang kaya akan adat istiadat, kesenian dan budaya yang melekat di setiap suku bangsa yang tersebar dari ujung barat sampai ujung timur kepulauan. Inilah yang selalu menjadi daya tarik wisatawan lokal dan mancanegara.

Menurut Kementerian Pariwisata Indonesia, ada 14 juta wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia di tahun 2017.

Pariwisata dan budaya menjadi sektor utama dalam menarik minat wisatawan, strategi dan promosi terus dilakukan untuk meningkatkan jumlah wisatawan setiap tahunnya menjadi hal yang juga mesti didukung oleh setiap daerah.

warga yang memerankan Nauhara yang berkelana dan kemudian menetap diwilayah tersebut

(istimewa/yabn)

Pesona Indonesia memang tidak pernah gagal menarik perhatian bagi siapapun. Bukan menjadi rahasia lagi bila Indonesia disebut-sebut sebagai negara yang memiliki budaya dan kesenian yang begitu beragam.

Tarian, bahasa, tradisi, arsitektur hingga hasil karya tradisionalnya membuat Indonesia tidak pernah berhenti menggoda wisatawan untuk datang mengunjunginya.

Melihat hal tersebut Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN) tergerak untuk mendorong kekhasan masyarakat adat yang ada dilingkungannya, bekerjasama dengan Kamadjaja Logistics dan Propan Raya menggelar Perayaan Pesona Budaya desa Warukin - Color Your Local Culture kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan pada sabtu (12/5).

Dengan mengangkat kekhasan budaya yang dimilki oleh masyarakatnya perayaan pesona budaya dibuka dengan ritual Itabas dan Nerau Amirue, dengan tujuan untuk mengusir roh jahat dan mengundang roh baik.

dinding mural yang mengisahkan sejarah desa warukin (istimewa/yabn)

Dalam pembukaan, Okty Damayanti Direktur YABN mengungkapkan, program ini ditujukan untuk mewujudkan desa Warukin sebagai desa wisata.

Halaman
12
Penulis: Dony Usman
Editor: Edinayanti
Sumber: Banjarmasin Post

Anjing Milik Korban Pembunuhan di Bekasi Tak Mau Makan dan Menangis, Pakar: Bisa jadi Saksi

Berita Populer