Kanal

YABN Memupuk Kembali Minat Baca di Hari Buku Nasional

-

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Setiap negara pastinya memiliki hari besar nasional, yang tentunya penetapan hari besar tersebut memiliki sejarah.

Ada banyak peringatan hari besar di bulan ini, mulai dari Hari Buruh Sedunia yang diperingati pada 1 mei lalu, Hari Pendidikan Nasional, ataupun peringatan Hari Kebebasan Pers pada tanggal 3 silam.

Tapi, tahukah anda apa yang diperingatan pada hari ini 17 Mei?

Yup, hari ini diperingati sebagai Hari Buku Nasional, kalau anda belum tahu memang wajar karena hari buku nasional tidak sepopuler hari-hari yang disebutkan sebelumnya.

Armada perpustakaan keliling YABN setia mengantarkan bahan bacaan ke sekolah-sekolah di sejumlah wilayah. (Istimewa)

Pada sejarahnya hari buku nasional pertama kali diperingati tahun 2002 dimana ditanggal yang sama pada tahun 1980 menjadi peringatan pendirian perpustakaan nasional republik Indonesia.

Buku sangat erat kaitannya dengan aktivitas baca tulis.

Kemampuan menulis dan membaca suatu negara menjadi salah satu tolak ukur tinggi rendahnya literasi bahkan pendidikan suatu bangsa.

Berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh UNESCO tahun 2012, indeks minat baca penduduk Indonesia hanya sebesar 0.001, yang artinya hanya 1 dari 1000 dari penduduk Indonesia memiliki minat baca.

Sungguh sebuah kisah yang memilukan.

Pendidikan bukan suatu hal yang dapat disikapi secara tidak serius, visi dan misi “mencerdaskan kehidupan bangsa” yang tertuang dalam pembukaan undang-undang dasar 1945 rasanya masih menjadi “PR” yang harus terus di bangun.

Perpustakaan Ruang menyediakan bahan baca serta kelas sore untuk meningkatkan kompetensi ank dibidang sains & seni (Istimewa)

Halaman
123
Editor: Ernawati
Sumber: Banjarmasin Post

Video Mesumnya Diputar di Kelas dan Tersebar, Siswi Berprestasi di Karawang Terpaksa Pindah Sekolah

Berita Populer