Kanal

Harapan Baru di Tengah Harga Jual Karet yang Menurun

Anggota UPPB Fajar Menyingsing Desa Muara Uya Kabupaten Tabalong - istimewa/yabn

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - “Harga karet saat ini tidak stabil dan cenderung menurun, namun semenjak saya dikenalkan dengan asap cair, harga jual karet saya jadi naik ungkap Marjuni anggota UPPB Fajar Menyingsing Desa Muara Uya Kabupaten Tabalong.”

Bagi petani karet di Kalimantan Selatan harga jual karet ibarat air di air talas, tidak pernah menentu bahkan akhir-akhir ini cenderung menurun, harga jual karet sangat dipengaruhi oleh kualitas karet itu sendiri.

Mekanisme untuk meningkatkan harga jual perlu diciptakan agar petani karet dapat menjual bahan olah karetnya agar memiliki harga jual lebih tinggi.

Pembentukan UPPB (Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar) menjadi salah satu langkah awal, dengan menyatukan petani didalam sebuah kelompok, dan dengan menggunakan bahan pengental yang dianjurkan maka harga jual karet dapat ditingkatkan.

Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN) berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten

Tabalong melaksanakan program Gerakan Masyarakat Meningkatkan Mutu Bokar

(Gemas Mekar) (istimewa/yabn)

Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN) berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Tabalong melaksanakan program Gerakan Masyarakat Meningkatkan Mutu Bokar (Gemas Mekar) dengan memberikan support alat pembuat asap cair (pirolisis) dan pendampingan kelompok serta pendampingan teknis produksi asap cair kepada sejumlah UPPB yang ada di Kabupaten Tabalong.

Menurut penelitian hasil kondensasi dari uap pembakaran dari bahan baku yang mengandung lignin, selulosa, hemiselulosa dapat dijadikan sebagai bahan pengental karet yang sangat baik.

Asap Cair, menjadi bahan pengental karet yang juga memiliki fungsi sebagai anti jamur, antibakteri dan antioksidan yang mampu memperbaiki kualitas produk karet yang dihasilkan.

Halaman
12
Penulis: Dony Usman
Editor: Edinayanti
Sumber: Banjarmasin Post

Viral Wanita Terobos Rombongan Presiden Jokowi dan Acungkan Jari Tengah, Tabrak Polisi yang Mengawal

Berita Populer