Kanal

Raih Penghargaan Polisi Teladan, Beginilah Kisah Ipda Andre, Kapolsek yang Dirindukan Masyarakat

Kapolsek Belimbing Ipda Andre Primaraharja Wirahmawan saat di depan Mapolres Banjar - Istimewa

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Murah senyum, humanis dan tegas. Begitulah sosok Ipda Andre Primaraharja Wirahmawan SH.

Perwira yang menjabat sebagai Kapolsek Belimbing ini terpilih menjadi salah satu Kapolsek teladan yang dilombakan dan dinilai oleh tim dari Polda Kalsel.

Ipda Andre, sapaan akrabnya, adalah perwakilan Polres Banjar dalam lomba tersebut dan dirinya pun mendapat predikat "polisi teladan" berkat loyalitas yang begitu luar biasa dalam bertugas.

Ipda Andre menerima penghargaan dari Kapolda Kalsel Brigjen Pol Rachmat Mulyana yang diserahkan Irwasda Polda Kalsel, Kombes Pol Djoko Poerbo Hadijojo. (Istimewa)

Belum lama tadi, Ipda Andre menerima penghargaan dari Kapolda Kalsel Brigjen Pol Rachmat Mulyana yang diserahkan Irwasda Polda Kalsel, Kombes Pol Djoko Poerbo Hadijojo.

Bersama 52 personel Polri Polda Kalsel lainnya, Ipda Andre menerima penghargaan di sela Apel Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke 110 di Halaman Mapolda Kalsel, Senin (21/5/2018) lalu.

Pengharagaan itu diterima atas prestasi di bidang olahraga sebagai atlet judo nasional.

Ipda Andre, diketahui menjadi atlet nasional pada 2009 hingga 2011. Pernah menjadi juara tiga Kapolri Cup pada 2009 dan Kartika Cup di 2011. Pernah juga menjadi juara Porprov dan dapat pengharagaan dari Kapolda Kalsel Brigjen Pol Rachmat Mulyana.

Ipda Andre Primaraharja Wirahmawan SH di Polres Banjar. (Istimewa)

Selain judo, penghargaan diterima karena dia telah memberikan pembinaan dan melakukan pencegahan penggunaan narkoba, judi dan penyakit masyarakat (pekat) di wilayah hukum Polsek Belimbing, pedalaman dayak yang sebelumnya tidak pernah tersentuh Polri.

Sebelumnya, Ipda Andre juga pernah dapat penghargaan dari Kapolres Banjar AKBP Takdir Mattanete. Saat itu dia masih menjabat sebagai Kanit Idik 1 Satreskrim Polres Banjar. Penghargaan karena menjadi salah satu personel yang berperan dalam ungkap kasus curat di Citra Land dengan kerugian 2 Milyar.

"Saya terkejut bisa dapat penghargaan sebagai polisi teladan. Apa yang saya lakukan sebenarnya tugas kepolisian pada umumnya. Saya hanya ibarat kaca kecil diantara tumpukan berlian, banyak polisi teladan dan luar biasa di Polres Banjar ini," kata Ipda Andre.

Ipda Andre Primaraharja Wirahmawan SH (Istimewa)

Menurutnya semua berkat dukungan semua pihak, masyarakat di wilayah hukumnya, antar lini, antar pilar saling sinergitas.

Tak terlepas, imbuhnya, peran dari pimpinannya, dalam hal ini Kapolres Banjar AKBP Takdir Mattanete.

Figure Kapolres Banjar, menurutnya luar biasa, menular ke semua anggota termasuk dirinya, untuk terus berbuat yang terbaik, melayani masyarakat dengan sepenuh hati.

"Mengajarkan kami solid, penuh kebersamaan dan kekeluaragan, samuak saliur. Saya bawa itu, di Polsek Belimbing," katanya.

Kegiatan Ipda Andre Primaraharja Wirahmawan SH (Istimewa)

Tujuh bulan menjabat sebagai Kapolsek Belimbing, banyak perubahan yang dibawa Ipda Andre Primaraharja Wirahmawan di wilayah hukum nya.

Semua dalam upaya mewujudkan program Promoter (Profesional, Modern, Terpercaya) yang dicanangkan Kapolri.

Ipda Andre dan anggota Polsek Belimbing, rela menempuh medan berat untuk sekedar memantau kondusifitas wilayah hukum Polsek Belimbing serta untuk bersosialisasi dengan masyarakat.

Jalan terjal dan berlumpur bukan suatu hal yang aneh lagi bagi Ipda Andre dalam menjalankan tugasnya.

"Saya senang berada di sana, antar pilar kami solid dan dengan masyarakat pun penuh kekeluargaan, bersama menjaga keamanan dan ketertiban," ungkapnya.

Kegiatan Ipda Andre Primaraharja Wirahmawan SH (Istimewa)

Polsek Belimbing menaungi dua wilayah Kecamatan, yaitu Kecamatan Sungai Pinang dan Kecamatan Paramasan.

Selain letak lokasinya yang berada di daerah hutan dan pegunungan, dua kecamatan tersebut juga belum memiliki fasilitas jalan yang layak.

Merupakan tantangan tersendiri bagi dirinya bertugas sebagai Kapolsek Belimbing. Apalagi bila hujan, makin berat tantangannya, namun sudah biasa baginya menghadapi medan jalan yang berat.

"Kita di sana, banyak pakai motor, trail. Menjangkau daerah ujung yang jarang tersentuh, perlu waktu berjam-jam. Semua dijalani dengan hati bahagia, apalagi saat berjumpa dengan masyarakat di sana, saling membantu dan kerjasama," ujarnya.

Sempat juga dia menceritakan keindahan Air Terjun Mandin Mangapan di Desa Paramasan Atas, Kecamatan Paramasan Kabupaten Banjar. "Indah air terjun di sana, sejuk, ayo mampir ke sana," lontarnya.

Awal datang ke Polsek Belimbing, Ipda Andre merasa keadaan masyarakat di sana berbeda jauh dari perkotaan. Terketuk hatinya untuk membawa perubahan karena di sana seakan tak tahu aturan hukum.

Perlahan dengan cara persuasif, dia sambangi masyarakat. Berusaha menjangkau daerah yang belum pernah dijangkau.

Niat baik menjadi kekuatan. Dulunya perjudian cukup bebas di wilayah hukumnya, kini dapat ditekan. Kebiasaan masyarakat membawa sajam pun perlahan kurang. Operasi pekat pun dijalankan

"Saya tak menyangka, penuh berkesan, ketika kami melakukan sosialisasi menjangkau wilayah yang sebelumnya belum pernah dijangkau, ternyata respon masyarakat sangat baik, bahkan mereka katakan merindukan kehadiran Polri. Yang selama ini mereka tak tahu aturan hukum, akhirnya perlahan bisa tahu. Inilah yang dikatakan tak kenal maka tak sayang, ketika sudah kenal, akan sayang," paparnya.

Ipda Andre Primaraharja Wirahmawan SH bersama masyarakat di depan Polsek Belimbing. (Istimewa)

Dengan seringnya Polsek Belimbing sosialisasi, akhirnya membuka pengertian masyarakat di kawasan Sungai Pinang dan Paramasan, tentang aturan hukum yang sebelumnya tak diketahui. Mereka sebelumnya hanya tahu aturan adat.

Bahkan banyak warga yang komplain kalau tak ada sosialisasi dan sambang dari kepolisian. Ada rasa kangen dan rindu ketika tak jumpa dengan jajaran Polsek Belimbing. Hingga menjadikan Ipda Andre, Kapolsek yang dirindukan masyarakat.

Kini, perjudian berkurang dan tidak lagi terang-terangan. Masyarakat yang biasa membawa sajam bebas, kini juga berkurang. Segala tindak melanggar hukum lainnya, jauh berkurang.

"Saya bangga dengan seluruh masyarakat di wilayah hukum Polsek Belimbing. Semoga kita terus bisa bekerjasama dan saya mohon dukungan masyarakat semua untuk menjaga keamanan dan ketertiban bersama," tandasnya.

Kapolsek Belimbing juga mengatakan kalau antar lini, antar pilar di wilayahnya sangat terjalin sinergitas yang baik. Baik itu dengan Kecamatan hingga para Kepala Desa, serta tokoh masyarakat dan tokoh agama di sana, juga dengan Koramil setempat, penuh kebersamaan. "Semoga terus sinergitas seperti itu," harapnya.

Cerita menarik lainnya, bahwa para kepala desa (pambakal), tokoh masyarakat, tokoh agama sampai mengirimi mereka banyak surat cinta karena kebersamaan yang terjalin.

Misal dari Tokoh Agama Desa Pakutik, H Jumantra. Ada beberapa poin disurat yang ditulis dan satu sangat menunjukkan kedekatan Kapolsek dan masyarakat.

"Masyarakat selalu senang dan mencintai Kapolsek. Kalau satu minggu tak melihat, meolah (membuat) rasa kangen dan rindu," tulis Tokoh Agama tersebut. (Banjarmasinpost.co.id/Fadly SR)

Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: Didik Trio
Sumber: Banjarmasin Post

Video Detik-detik King Kobra Ditangkap Kurir JNE di Perumahan, Warga Mengaku Lihat Ada 6 Ekor Ular

Berita Populer