Kanal

Cara Menahan Nafsu Sambut Lebaran 2018, Ini Saran Nutrisionis

Rissa Saputri SGz, Nutrisionis RSUD dr H Moch Ansari Saleh Banjarmasin - salmah

BANJARMASINPOST.CO.ID - Pilihan hidangan untuk disantap saat lebaran sangat mempengaruhi kesehatan seseorang. Terbukti setelah Ramadhan umumnya di rumah sakit akan meningkat penderita stroke, diabetes, jantung, maupun hiperkolesterol

Rissa Saputri SGz, Nutrisionis RSUD dr H Moch Ansari Saleh Banjarmasin, mengatakan, munculnya penyakit bukan disebabkan perubahan pola makan selama berpuasa, namun justru disebabkan pola makan tidak sehat dan berlebihan selama lebaran.

Lalu bagaimanakah caranya agar kemampuan kita dalam menahan hawa nafsu selama sebulan penuh ini tidak hilang hanya dalam waktu sehari pada saat lebaran?

Baca: 21 Ucapan Selamat Idul Fitri 2018 Untuk Sahabat, Teman, Pacar di Lebaran Ini

"Hal ini dapat dihindari dengan memilih menu yang sehat untuk disajikan pada saat lebaran. Hidangan lebaran umumnya identik dengan hidangan bersantan dan minuman atau makanan manis," jelasnya.

Baca: Detik-detik Jelang Piala Dunia 2018, Tragedi Mengerikan Terjadi di Rusia, 11 Orang Tewas!

Berbagai macam lauk yang kaya santan, minimnya pilihan hidangan berserat, dan porsi lauk yang banyak sehingga makanan bersantan akan dipanaskan berulang-ulang dapat menambah risiko hiperkolesterol pasca Ramadhan.

Santan memang tidak mengandung kolesterol, namun mengandung lemak jenuh. Jika dipanaskan berulang-ulang, lemak jenuh di dalam santan akan berubah menjadi lemak trans yang akan lebih berbahaya bagi tubuh, karena akan meningkatkan kadar LDL darah atau yang disebut lemak jahat dan menurunkan kadar HDL di dalam darah atau yang disebut "emak baik.

Baca: Piala Dunia 2018 - Jadwal Siaran Langsung 21-22 Juni 2018: Argentina Vs Kroasia, Spanyol Vs Iran

"Selain itu, makanan berlemak seperti santan dan gorengan memiliki kandungan kalori dua kali lebih besar daripada makanan atau minuman manis," terang Rissa.

Sebaiknya hindari menyajikan minuman bersoda, minuman kotak, atau minuman tinggi gula lainnya pada saat lebaran. Anda bisa menggantinya dengan air mineral atau air kelapa yang lebih alami dan menyehatkan.

Jangan khawatir bahwa Anda tidak dapat menjamu tamu dengan maksimal, karena hanya menyajikan air mineral untuk minuman. Karena Anda bisa menambahkan hidangan pembuka untuk membuat sajian lebih menarik namun tetap praktis.

Hidangan pembuka sebaiknya pilih olahan buah beripa salad buah, sop buah, puding buah, atau es buah yang pasti disukai oleh anak-anak serta kaya vitamin dan mineral.

Tidak perlu berkonsentrasi dengan menghidangkan kue kering berlebihan. Kue kering mengandung tinggi kolesterol karena terbuat dari bahan-bahan yang juga kaya kolesterol seperti telur, mentega, dan susu.

Kombinasikan sajian kue kering dengan buah-buahan. Buah segar seperti jeruk atau pisang, atau buah potong seperti pepaya atau semangka akan lebih menarik disajikan di meja ruang tamu.

Pastikan hidangan bersantan pada menu utama hanya satu jenis. Sajikan lebih banyak sayuran segar pada menu utama untuk menyeimbangkan lauk kesukaan keluarga. Pilihan sayuran yaitu pecel, urap, capcay, cah sayuran, salad sayur dapat menjadi pilihan menarik pada saat Lebaran.

Jangan lupa minum yang cukup yaitu 8-10 gelas per hari untuk melarutkan racun di tubuh, luangkan waktu untuk berolahraga, dan latih diri untuk mengontrol nafsu makan seperti selama berpuasa. Karena puasa adalah latihan emosi terbaik yang sebaiknya kita terapkan dalam keseharian walaupun tidak sedang berpuasa.

(banjarmasinpost.co.id/salmah saurin)

Penulis: Salmah
Editor: Didik Trio
Sumber: Banjarmasin Post

Benarkah Mie Ayam Tugu Lilin Pajang Solo Pakai Pesugihan Pocong? Yuk Mampir ke Warungnya

Berita Populer