Kanal

Kisah Petugas Kamar Mayat RSUD Ulin: Serem Anak Istri Dihantui, Rumah Tiba-tiba Bau Busuk

Petugas kamar mayat RSUD Ulin Banjarmasin -

BANJARMASIN POST.CO.ID, BANJARMASIN - Menjadi petugas Instalasi pemulasaran jenazah, di Kamar Mayat RDUD Ulin Banjarmasin, menyisakan banyak kisah dialami oleh Tarmudji.

Apalagi bagi Warga di Jalan kelayan A, II, gang Pandan Sari Rt 15,Rw 02, Kelayan Banjarmasin Tengah, sudah 16 tahun bekerja menangani jenazah.

Mayat remuk, berdarah-darah, mayat utuh dan mayat tak utuh bekas korban mutilasi juga sudah biasa ditanganinya. Sehingga memegang dan melihat mayat tidak utuh sudah biasa baginya.

Menurut Om Uji, sapaannya, selama 16 tahun mengabdi di kamar mayat RSUD Ulin Banjarmasin tersebut, baru dua kali dihantui rasa ketakutan.

Insiden dihantui rasa ketakutan yang dialaminya berada di rumahnya dan bukan di kamar mayat.

"Pertama dulu, di tahun 2011 dulu ada kawan saya meninggal di Tunjung Maya kasusnya gantung diri. Jadi waktu itu jenazahnya diautopsi oleh dokter atas permintaan keluarga dan kepolisian lalu kita kerjakan. Setelah selesai kita pulang ke rumah. Tau-tau di rumah kita itu tercium bau tak sedap bau bangkai dan seolah-olah roh almarhum ikut ke rumah," cerita Tarmudji, Rabu (20/6/2018).

Kedua, sambung dia, kejadian pembunuhan di Tamban, kilometer 25 dan jasad dikebumikan di Kapuas tahun 2012. Karena memerlukan autopsi dan jenazah sudah kadung dikubur, maka terpaksa harus membongkar kubur.

"Saat itu ada orderan untuk membongkar kubur, dan waktu itu hari kamis. Waktu itu saya pulang dan mandi dan berangkat lagi ke kamar mayat. Dan ternyata, setelah saya berangkat ke kamar mayat, isteri dan anak-anak saya dirumah dihantui. Karena mereka ketakutan menelon saya, dan setelah saya tiba dirumah yang saya rasakan ada aroma bau itu yang berlebihan, bau busuk, " kata bapak tiga anak tersebut.

Lalu bagaimana dia mengatasinya?. Menurut Om Uji, dirinya hanya bisa pasrah kepada sang Khalik. "Kita percaya kepada yang maha kuasa. Kita kembalikan kepada yang menciptakan manusia. Dan tak ada bacaan khusus. Keyakinan akan mengusir semuanya," kata dia.

Diketahui Om Uji, menjadi penjaga kamar mayat RSUD Ulin Banjarmasin, tidak sendirian. Dia di tim,Istalasi pemulasaran jenazah, di Kamar Mayat RDUD Ulin Banjarmasin bersama tujuh orang lainnya yakni Edi, Adul, Toni, Kawit, Zali, Ridho, Wandi.
Dalam teknis bekerjanya dibagi menjadi tiga sift. (banjarmasinpost.co.id/Nurholis huda).


Penulis: Nurholis Huda
Editor: Ernawati
Sumber: Banjarmasin Post

Video Viral Jokowi Hormat Sendiri saat Indonesia Raya Berkumandang, Begini Menurut Undang-undang

Berita Populer