Kanal

Turis Asing Wajib Berbusana Tertutup Saat Kunjungi Wisata Religi di Banjarmasin

Didampingi Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina, seorang turis mengenakan sarung saat mengunjungi masjid bersejarah di Banjarmasin, beberapa waktu lalu - istimewa

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Tiap kali membawa turis (bule) dari berbagai negara ke kawasan religi yang ada di Banjarmasin, Komunitas Banjarmasin Heritage kerap kebingungan. Pasalnya, sebagian besar wisatawan mancanegara berbusana kurang tertutup.

Berdasar pengalaman tersebut akhirnya tercetus ide. Tiap ada bule yang berkunjung datang di objek wisata religi tersebut, mereka memasangkan tapih (sarung) dan kerudung kepada para wisatawan asing itu.

Itu sekaligus merupakan program terkini yang dilakukan Banjarmasin Heritage yakni Tapih Wisatawan. Pelaksanaannya diawali dengan kesedian Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina memasangkan busana religius tersebut kepada para bule.

Program itu diapresiasi Ibnu Sina. Ia menilai program tersebut meruakan terobosan positif sehingga perlu mendapat dukungan semua pihak.

"Memang sudah seharusnya jika bule ingin mengunjungi wisata religi harus menutup aurat dengan kain atau tapih. Ini menghormati tempat bersejarah, terutama masjid," kata Ibnu, kemarin.

Ia lantas mengatakan, bule yang mengunjungi ke Pura pun juga diminta mengenakan kain penutup yang sopan. "Apalagi ketika bertandang ke masjid berserjarah seperti Masjid Sultan Suriansyah dan lain-lain, tentu perlu berpakaian sopan," tegasnya.

Ibnu mengatakan di Banjarmasin ada tiga tempat ibadah bersejarah umat Islam yakni Masjid Sultan Suriansyah, Masjid Jami , dan Masjid Haur Kuning.

Ketua Harian Masjid Sultan Suriansyah, H Muhammad Yasin, mengungkapkan pewajiban wisatawan asing mengenakan sarung dan kerudung merupakan gagasan yang sangat bagus.

"Kami sangat mendukung supaya wisatawan asing masuk ke sini pakaiannya lebih rapi dan sopan," tandasnya.

Selengkapnya simak di koran Banjarmasin Post edisi, Rabu (27/06/2018).

www.banjarmasinpost.co.id/syaiful anwar

Penulis: Syaiful Anwar
Editor: Idda Royani

Viral Wanita Terobos Rombongan Presiden Jokowi dan Acungkan Jari Tengah, Tabrak Polisi yang Mengawal

Berita Populer