Kanal

Pengumuman Hasil SBMPTN 2018 Selasa, 3 Juli 2018 Bisa Diakses di Sini

SBMPTN 2018 - (Website resmi SBMPTN)

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sebentar lagi hasil ujian SBMPTN 2018 akan diumumkan.

Pengumuman Hasil SBMPTN 2018 dapat diakses melalui link resmi sbmptn.ac.id (Link pengumuman hasil SBMPTN 2018 ada di akhir berita).

SBMPTN 2018 merupakan seleksi berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) atau Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) atau kombinasi hasil ujian tulis dan ujian keterampilan calon Mahasiswa, dilakukan secara bersama di bawah koordinasi Panitia Pusat.

Pelaksanaan ujian SBMPTN 2018, baik UTBC maupun UTBK, telah dilaksanan serentak tanggal 8 Mei 2018.

Baca: Hadiri Sidang Perdana, Penampilan Roro Fitria Jadi Perhatian Warganet, Cetar Seperti Mau Belanja

Sementara ujian keterampilan bagi peserta yang mengambil program studi (prodi) khusus dilakukan pada 9-11 Mei 2018.

Tahun ini panitia juga telah mencoba melakukan ujian SBMPTN 2018 berbasis Android, tetapi jumlahnya masih dibatasi 1.000 peserta.

SBMPTN berbasis Android ini baru diujicobakan di panitia lokal (panlok) Bandung dengan rincian 364 peserta saintek, 414 soshum, dan 222 peserta kelompok campuran.

Baca: BNN Kalteng Sebar Foto Bos Travel Pemilik 4 Ons Sabu, Diduga Kabur ke Tempat Ini

Dikutip dari sbmptn.ac.id, penyelenggaraan penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) mengacu pada Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi; Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi; Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri.

Berdasarkan Peraturan Perundang-undangan di atas, jalur penerimaan mahasiswa baru dilakukan melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri.

Baca: Jadwal Babak 16 Besar Piala Dunia 2018, Dibuka Cristiano Ronaldo & Lionel Messi, Jamin Seru!

SBMPTN 2018 merupakan seleksi berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) atau Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) atau kombinasi hasil ujian tulis dan ujian keterampilan calon Mahasiswa, dilakukan secara bersama di bawah koordinasi Panitia Pusat.

Pembiayaan penyelenggaraan SBMPTN dibebankan kepada peserta seleksi dan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Peserta SBMPTN dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan mempunyai prestasi akademik tinggi dapat mengajukan dana bantuan biaya pendidikan Bidikmisi.

Informasi SBMPTN ini meliputi ketentuan dan persyaratan umum, tata cara pembayaran biaya seleksi, tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan jumlah pilihan PTN serta program studi. Secara rinci, informasi lengkap mengenai SBMPTN 2018 dapat dilihat di laman http://www.sbmptn.ac.id.

Hasil ujian akan diumumkan pada hari Selasa, 3 Juli 2018 mulai pukul 17.00 WIB dan dapat diakses di laman http://www.sbmptn.ac.id./.

(banjarmasinpost.co.id/yayu fathilal/amirul yusuf)

Penulis: Yayu Fathilal
Editor: Edinayanti
Sumber: Banjarmasin Post

Wanita Tewas Dalam Lemari Pernah Unggah Foto Bersama Pelaku, Sempat Usir dari Kos sebelum Dibunuh

Berita Populer