Kanal

Capres-Cawapres Pilpres 2019 - Lima Sosok Ini Mencuat, Jokowi Memberi Sinyal Seperti Ini

Presiden Joko Widodo - kompas.com

BANJARMASINPOST.CO.ID - Masih menjadi misteri sosok calon wakil presiden (Cawapres) untuk Joko Widodo (Jokowi) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Program "Aiman", yang terbiasa menelusuri dan menggali informasi dari setiap fenomena yang terjadi dan menyita perhatian masyarakat, mencoba menerjemahkan sinyal dari Istana.

Siapa nama bakal calon wakil presiden untuk Joko Widodo, yang akan berlaga di Pemilu Presiden 2019 serentak dengan Pemilu Legislatif tahun depan?

Nama-nama itu akan tampak pada tulisan ini, dan saya prediksi kecil kemungkinan keluar dari perkiraan, kecuali ada sesuatu yang luar biasa dalam dunia politik (dan juga ekonomi) yang terjadi di depan.

Sinyal dari Istana Belakangan marak gestur Jokowi diperbincangkan terkait dengan adanya pengerucutan nama cawapres Jokowi, dari 10 menjadi 5 sosok.

Baca: Capres-Cawapres Pilpres 2019, PKS dan PAN Sepakat Usung Prabowo Subianto di Pilpres 2019

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP), Ali Mochtar Ngabalin, Rabu (11/7/2018) pekan lalu mengatakan, "Sebenarnya teman-teman ini bisa melihat gestur-gestur yang beliau tampakkan, dan sejumlah pilihan kata, pertemuan-pertemuan terakhir akan memberikan banyak kawan, sahabat." Namun, seketika, pernyataan Ngabalin dibantah kader partai pengusung Jokowi.

"Tanyakan ke Pak Ngabalin, gestur yang mana? Kami bukan pembaca gestur, nama sudah dikonsultasikan," jawab Eva Kusuma Sundari, salah satu kader senior PDI-P.

Gestur atau apa pun namanya memang menarik dicermati jelang pekan–pekan di mana kontestasi pesta demokrasi terbesar di seluruh Indonesia bakal digelar.

Baca: Catat! Waktu Terbaik Memandangi Gerhana Bulan Bulan Total yang Muncul Juli 2018 Ini

Akan terjadi penentuan tonggak, apakah kekuasaan akan tetap atau berpindah.
Apalagi setelah gerakan #2019GantiPresiden diklaim memengaruhi suara pemilih pada sebagian Pulau Jawa sebagai daerah dengan jumlah pemilih pemilu terbanyak di Indonesia.

Jumlah pemilih Pulau Jawa dibanding daerah lain di Indonesia mencapai sekitar 57 persen. Jawa masih menjadi kunci kemenangan dan sebagian telah difoto pada pilkada kemarin.

Halaman
1234
Editor: Murhan
Sumber: Kompas.com

Pengakuan Wanita Penabrak Anggota Polisi usai Terobos Rombongan Presiden Jokowi

Berita Populer