Kanal

Konsumsi Minuman Ringan Setiap Hari, Begini Dampak Negatif yang Bakal Kamu Rasakan

Minuman Bersoda - thinkstockPhoto

BANJARMASINPOST.CO.ID - Minuman ringan seperti soda merupakan minuman ringan yang sangat disukai banyak orang, minuman ringan ini memang begitu nikmat saat melalui tenggorokan, rasanya dahaga yang ada mudah hilang.

Namun, ternyata dibalik nikmatnya minuman ringan ini ada bahaya yang siap mengintai penikmatnya. Gula dalam minuman ringan disebut sangat banyak bahkan bisa melebihi asupan gula harian.

Dilansir dari laman Xahoi.com, Konsumsi gula dalam makanan (termasuk makanan dan air yang mengandung gula) meninggalkan banyak implikasi kesehatan seperti berikut ini.

Baca: Gerhana Bulan Total Super Blood Moon 28 Juli 2018, Begini Adab Islam Saat Menyambutnya

1. Berat Badan Tak Terkendali

Masalah obesitas meningkat di seluruh dunia dan makanan dan minuman yang mengandung gula buatan dianggap sebagai salah satu pemicu.

Pada kenyataannya, asupan kalori pada pemanis ini menekan pembakaran sel-sel lemak dan meningkatkan jumlah insulin ditubuh dan pada gilirannya bisa menyebabkannya gangguan metabolisme yang menyebabkan kenaikan berat badan.

Baca: Tidak Seberuntung Zohri, Fauzan Juara Dunia Karate Hanya Jadi Pegawai Toko dan Gagal Jadi Polisi

Minuman gula seperti minuman ringan, jus buah, soda mengandung fruktosa tingkat tinggi. Konsumsi fruktosa meningkatkan rasa lapar dan keinginan untuk mengonsumsi makanan manis lainnya.

Selain itu, gula juga memiliki potensi untuk meningkatkan ghrelin, hormon yang menyebabkan rasa lapar. Jadi Anda akan makan lebih banyak, sebagian besar makanan yang kaya karbohidrat akan memicu akumulasi lemak di perut. Ini akan menyebabkan peningkatan risiko diabetes dan penyakit jantung.

2. Dapat meningkatkan risiko penyakit jantung

Konsumsi gula berlebih lebih berbahaya daripada lemak karena gula merusak arteri dan jantung, meningkatkan risiko serangan jantung dan penyakit jantung.

Halaman
123
Editor: Didik Trio
Sumber: Tribunnews

Haringga Sirla Tewas Dikeroyok, Bermula dari KTP Korban Dirazia Sejumlah Suporter Persib Bandung

Berita Populer