Kanal

Massa Padati Haul ke-6 H Bawai di Pemakaman Datu Syekh Abdussamad Bakumpai

Wakil Bupati Batola, H Rahmadian Noor menghadiri haul keenam H Siwabaihi bin HM Basyiuni, di Komplek pemakaman Datu Syekh Abdussamad Bukumpai di Marabahan, Kabupaten Barito Kuala (Batola), Minggu (22/07). - Humas Pemkab Batola

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - Komplek pemakaman Datu Syekh Abdussamad Bakumpai di Marabahan, Kabupaten Barito Kuala (Batola), Minggu (22/07), dipenuhi massa.

Ribuan massa baik laki-laki maupun perempuan, tua, muda, hingga anak-anak berkumpul sejak pagi. Kehadiran massa yang tak saja dari berbagai penjuru tak saja berasal dari Batola, namun berasal dari luar kabupaten seperti dari Martapura (Kabupaten Banjar), banua enam, Banjarmasin, dan provinsi tetangga seperti Kalteng dan Kaltim.

Bahkan tak sedikit dari mereka yang datang sehari lebih awal hanya untuk mengikuti haul keenam H Siwabaihi bin HM Basyiuni.

Prosesi haulan keturunan kelima Maulana Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari ini selain berisi pembacaan surah Yasin, tahlil, dan doa juga diisi tausyiah.

Baca: LIVE STREAMING Barito Putera vs Persib Bandung Liga 1 2018 - Link Live Streaming Indosiar Vidio.com

Wakil Bupati Batola, H Rahmadian Noor, atas nama pribadi maupun masyarakat dan pemerintah menyampaikan ucapan terima kasih kepada shahibul bait beserta panitia atas terlaksananya haulan.

Rahmadi (panggilan akrap Rahmadian Noor) mengatakan, kegiatan ini di samping salah satu cara untuk mengingat dan mengenang sekaligus mendoakan almarhum yang selama hidup dikenal sebagai ulama yang memiliki figur sangat kuat dalam memegang prinsip dan keyakinan serta memiliki sifat, sikap, dan keperibadian sangat sederhana serta penuh kharismatik.

Baca: VODEO Kemunculan Buaya Sungai Kahayan Palangkaraya Bikin Ketakutan Penghuni Rumah Lanting

Diakui wabup, telah banyak pelajaran dan suri tauladan serta kebaikan yang almarhum wariskan untuk diamalkan dan dimanfaatkan guna memperoleh kebahagiaan hidup di dunaia maupun akhirat.

Rahmadi berharap, khususnya yang pernah mengenal dan berhubungan semasa hidup, baik selaku keluarga, saudara, teman, guru agama, maupun sebagai pembimbing dan pendamping ibadah haji untuk terus menghidupkan ajaran dan petuah yang baik yang pernah diajarkan dan sampaikan sebagai bentuk penghormatan sekaligus rasa kecintaan serta kasih sayang kepada almarhum.

“Mari kita doakan almarhum agar senantiasa diberikan tempat terbaik di sisi Allah SWT,” ajaknya.

Baca: Pertama Canangkan Polres Ramah Anak, AKBP Nette Boy Raih Penghargaan Ini

Sebelumnya, Ustadz HM Mubarak, selaku shahibul hajat mengucapkan terima kasih atas kehadiran semua jemaah serta kepada panitia penyelenggara yang telah bersusah payah menyiapkan kegiatan.

“Kami tidak dapat membalas dengan apa-apa, kami hanya berharap keharibaan Allah SWT agar melimpahkan keberkahan dan rahmat kepada semua serta panitia,” katanya.

Mubarak juga menyampaikan permohonan maaf serta keikhlasan kepada semuanya jika di dalam pelaksanaan terdapat kekurangan, kekhilafan, atau ada sesuatu yang kurang berkenan di hati para hadirin.

Mudah-mudahan kiranya Allah SWT merahmati kita sabarataan (semua),” katanya. (aol/*)

Penulis: Edi Nugroho
Editor: Didik Trio
Sumber: Banjarmasin Post

8 Pengakuan Tersangka Pembunuhan di Bekasi: Sakit Hati Dibangunkan saat Tidur Pakai Kaki

Berita Populer