Kanal

Digelar Sosialisasi Campak dan Rubella

- istimewa

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - Dinas Kesehatan Kabupaten BaritoKuala (Batola) menggelar Advokasi dan Sosialisasi Kampanye Imunisasi Campak dan Rubella, Kamis (26/07).

Kegiatan yang berlangsung di Aula Selidah Marabahan ini di buka Bupati Barito Kuala (Batola) Hj Noormiliyani AS melalui Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Kemasyarakatan, Ismet Zulfikar.

Bupati sangat menyambut baik terselenggaranya kegiatan. Ia menilai, langkah yang dilakukan ini merupakan upaya mendukung program pemerintah nasional untuk membebaskan kemunculan penyakit campak dan rubella.

Bupati berharap pertemuan dan sosialisasi ini dapat menjadi titik awal dalam menyamakan persepsi serta pemahaman bagi peserta sekaligus merumuskan langkah-langkah strategis yang akan dilakukan guna mencegah dan memberantas penyebaran penyakit campak dan rubella, khususnya di Batola.

Diterangkan, campak dan rubella menjadi satu masalah kesehatan masyarakat yang memerlukan upaya pencegahan efektif.

Lebih-lebih campak merupakan penyakit yang mudah menular dan dapat menyebabkan kematian apabila disertai komplikasi.

Penyakit campak juga berpotensi menjadi wabah apabila cakupan imunisasi rendah dan kekebalan imunitas tidak terbentuk.

Sedangkan rubella merupakan penyakit akut dan ringan yang sering yang sering menginfeksi anak, muda dan dewasa. Apabila menyerang ibu hamil rubella dapat menyebabkan keguguran dan kematian janin.

“Tidak ada pengobatan untuk penyakit campak dan rubella namun penyakit ini dapat dicegah melalui imunisasi dengan vaksi MR,” katanya.

Terkait pembangunan kesehatan di Batola, bupati menerangkan, senantiasa diarahkan dan diupayakan untuk memacu sekaligus mendorong peningkatan derajat kesehatan masyarakat dan kualitas sumber daya manusia yang ditandai meningkatnya usia harapan hidup.

Selanjutnya, menurunnya angka kematian bayi/anak dan ibu melahirkan, meningkatnya kesehatan keluarga dan masyarakat serta meningkatnya produktivitas kerja dan kesadaran masyarakat akan pentingnya prilaku hidup bersih dan sehat. (*/aol)

Penulis: Edi Nugroho
Editor: Rendy Nicko
Sumber: Banjarmasin Post

Wanita Tewas Dalam Lemari Pernah Unggah Foto Bersama Pelaku, Sempat Usir dari Kos sebelum Dibunuh

Berita Populer