Kanal

NEWS ANALYSIS: One Village One Product

- BPost Cetak

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - UMKM merupakan usaha mikro, kecil dan menengah yang saat ini menjadi sumber mata pencaharian sebagian masyarakat di Kabupaten Banjar.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, kategori lapangan usaha yang berpengaruh terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Banjar di tiga ranking teratas yaitu pertanian, kehutanan dan perikanan, pertambangan serta industri pengolahan.

Potensi industri pengolahan dapat dimaksimalkan pada sektor UMKM di Kabupaten Banjar.

Baca: Burung Cinta Saja Tak Mau Jauh Dari Ustaz Abdul Somad, KH Arifin Ilham Sampai Terpukau

Jika dilihat data yang lebih detail, subkategori lapangan usaha yang mendominasi kinerja industri pengolahan di Kabupaten Banjar adalah industri makanan dan minuman.

Produksi industri makanan dan minuman rata-rata mencapai lebih dari 60 persen dari total produksi industri pengolahan keseluruhan di Kabupaten Banjar.

Baca: Berprestasi Raih Juara, Rahmadhani Bisa Mengeruk Rupiah dan Biaya Hidup dengan Bermain Game ML

Hal ini sangat dirasakan mengingat Kabupaten Banjar memiliki wisata kuliner yang sangat beragam, baik berupa lauk pauk maupun kudapan atau kue khas lokal.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan sektor industri pengolahan yaitu dengan melakukan kajian dan menetapkan apa saja produk unggulan daerah setempat.

Baca: Mantan Suami Denada Jerry Aurum Ungkap Kebiasaan Putri Kecilnya Berpegangan Tangan dan Berpelukan

Peran UMKM sebagai pelaku usaha lokal dituntut untuk meningkatkan kemampuannya dalam mengelola usahanya secara lebih efisien, dengan memanfaatkan potensi ekonomi lokal secara optimal dan menggunakan teknologi yang sesuai.

Agar produk yang dihasilkan dapat lebih bersaing baik dipasar nasional maupun internasional.

Strategi pengembangan produk unggulan daerah dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya yaitu dengan menetapkan one village one product (OVOP).

Halaman
12
Editor: Edinayanti
Sumber: Banjarmasin Post Edisi Cetak

Viral Wanita Terobos Rombongan Presiden Jokowi dan Acungkan Jari Tengah, Tabrak Polisi yang Mengawal

Berita Populer