Kanal

Sekda Batola Buka Diklat Paskibra

Diklat Paskibra - istimewa

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - Sekretaris Daerah Kabupaten Baritokuala (Sekdakab Batola) Ir H Supriyono MIP membuka Pendidikan Pelatihan (Diklat) Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) untuk pelaksanaan Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan Ke-73 tingkat Kabupaten Baritokuala Tahun 2018, Jumat (27/07).

Pembukaan yang berlangsung di Aula Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Marabahan ini bertujuan mencari bibit calon anggota pasukan pengibar bendera yang akan dilaksanakan 17 Agustus 2018.

Terdapat 41 peserta calon paskibra yang didiklat yang terdiri 21 putra dan 20 putri.

Ke-41 peserta ini berasal dari siswa siswi SLTA di 17 kecamatan se-Batola.

Para peserta akan dilatih dari pelatih/instruktur yang berasal dari Kodim 1005 Marabahan 4 orang, 10 dari Pemkab Batola, dan 1 orang tenaga medis dari BNNK Batola.

Selama latihan akan mendapatkan materi pembekalan peraturan baris berbaris dan latihan formasi paskibra, wawasan kebangsaan berupa cinta tanah air dan bela negara, wawasan keagamaan/keruhanian, serta pembinaan mental dan disiplin.

Pembukaan Diklat ditandai penyematan serta pemasangan topi kepada peserta oleh Sekdakab Supriyono kepada dua perwakilan putra dan putri.

Supriyono mengatakan, dalam pembinaan calon anggota paskibra, hal yang paling utama adalah pembentukan karakter yang berjiwa merah putih, siap mengabdi dan berbakti bagi bangsa dan negara Indonesia.

Menjadi calon anggota paskibra merupakan kesempatan yang patut disyukuri bersama, karena sebutnya, banyak nilai-nilai positif yang bisa diperoleh dari pelatihan.

Selain kedisiplinan, para calon anggota paskibra juga memperoleh pengalaman terutama dalam bekerjasama secara teamwork dan berkoordinasi dengan peserta lainnya.

Karenanya pendidikan yang diberikan merupakan salah satu upaya meningkatkan kesiapan fisik dan mental.

Sekda berpesan seluruh peserta agar selalu menjaaga kekompakan tim karena dalam latihan diperlukan saling pengertian dan menghargai agar tetap kompak dan berhasil dengan baik.

Para peserta juga dipesankan untuk menjaga kesehatan dan fisik karena dalam latihan peserta akan dilatih untuk meningkatkan kemampuan dalam baris berbaris. (*/aol)

Penulis: Edi Nugroho
Editor: Rendy Nicko
Sumber: Banjarmasin Post

Viral Rumah Bohemian Rapsody di Blitar, Gaya Eropa dan Dianggap Mistis, Lihat Video Penampakannya

Berita Populer