Kanal

Komitmen Pengurus, Modal Besar Sungai Kihung Lestari Untuk Terus Tumbuh

Peserta Pelatihan Bagi Pengelola KSPPS dari Kementerian Koperasi - YABN

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Bagi sebagian besar organisasi, keberhasilan lembaga sangat dipengaruhi oleh orang yang berada didalamnya, dinamika yang terjadi terkadang berseberangan dengan harapan semula, lebih lagi beberapa lembaga ataupun organisasi berdiri dengan modal komitmen dan kesepakatan yang terjalin di antara anggotanya.

Tak beda dengan lembaga lainnya, Koperasi Serba Usaha Sungai Kihung Lestari tentu memiliki dinamika yang tak dapat dipisahkan dalam kehidupan sebuah kelompok, namun niat baik dan komitmen setiap anggotanya lebih kuat dari tantangan yang dihadapi.

Bermula dari kelompok tani yang menjadi wadah berbagi satu sama lain antara petani karet yang ada di Desa Kalahiang, Hujan Mas, kabupaten Balangan.

Perlahan kelompok yang dibentuk ini, tahun demi tahun rutin menjalankan aktivitas pengembangan kelompok, penguatan lembaga hingga pelatihan pembibitan bibit karet melalui metode okulasi dilakukan bagi anggota kelompok tani Sungai Kihung Lestari dengan pendampingan yang dilakukan Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN).

Pembibitan Karet (YABN)

Mimpi mewujudkan sebuah lembaga yang lebih baik mulai memperlihatkan hasil, di tahun 2017 kelompok tani yang beranggotakan 30 orang ini meresmikan kelompok taninya menjadi koperasi dengan fasilitasi yang juga dilakukan oleh YABN.

Usaha simpan pinjam, jual beli bokar, pembibitan karet unggul hingga penjualan asap cair sebagai bahan pengental karet berkualitas menjadi roda penggerak kehidupan koperasi.

Petani melakukan stek bibit tanaman buah-buahan (YABN)

“Memang tidak mudah menjaga sebuah koperasi bertahan dan konsisten untuk terus mengembangkan usaha dalam rangka mewujudkan kesejahteraan anggota dan masyarakat sekitar. Peran pengurus dan anggota sangat menentukan masa depan koperasi, pendampingan yang dilakukan oleh YABN juga sangat berperan pada perkembangan unit usaha yang kami miliki, "ungkap Arsyad Ketua Koperasi Sungai Kihung Lestari.

Pengurus maupun anggota memiliki peran yang sama yakni mengembangkan koperasi agar semakin berkembang dan bermanfaat bagi kehidupan masyarakat desa Kalahiang, peran koperasi yang cukup besar mendapat perhatian dari Dinas Koperasi Provinsi Kalimantan Selatan.

Uji kompetensi dilakukan kepada salah seorang pengurus koperasi dalam hal kelayakan mengelola pembendaharaan sebuah koperasi.

Usaha Jual Beli Bokar (YABN)

“Dengan sertifikat uji kompetensi yang telah didapatkan Bendahara Koperasi Sungai Kihung Lestari diharapkan semua administrasi yang berhubungan dengan kegiatan usaha koperasi dapat dilakukan dengan tertib dan transparan tentunya. Dengan rapinya administrasi, kepercayaan anggota dan masyarakat terhadap keberadaan koperasi meningkat, selain itu ilmu yang didapat melalui pendidikan dan latihan selama kegiatan tersebut dapat dibagikan kepada kelompok koperasi lain, " ucap Ari Susanti Bendahara Koperasi Sungai Kihung Lestari.

Dengan semakin kuatnya kelembagaan dan perkembangan unit usaha yang dimiliki oleh Koperasi Sungai Kihung Lestari, diharapkan semakin besar pula peran serta yang dapat dilakukan koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa Kalahiang kabupaten Balangan.(*/aol)

Penulis: Dony Usman
Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Banjarmasin Post

5 ABG Digerebek Hendak Gelar Pesta Seks di Makassar, 3 Gadis Masih di Bawah Umur

Berita Populer