Kanal

Jemaah Haji Diminta Manfaatkan Safety Box di Hotel dan Bawa Uang Seadanya Saat di Makkah

Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis mengingatkan agar jemaah manfaatkan safety box di hotel. - kemenag.go.id/MCH

BANJARMASINPOST.CO.ID, MAKKAH - Puluhan ribu jemaah haji Indosia kini telah berada di Kota Makkah. Untuk menghindari kerawanan selama di luar hotel, jemaah haji Indonesia diminta untuk membawa uang seperlunya saja.

Jemaah haji diimbau bisa memanfaatkan safety box yang ada di tiap-tiap kamar hotel.

"Setiap kamar ada safety box. Satu kamar satu. Jadi dipakai bersama," ujar Direktur Layanan Luar Negeri Kemenag Sri Ilham Lubis dalam perbincangan di wilayah Syisyah, Makkah, Selasa (31/7/2018).

Safety box dalam kamar hotel tersebut merupakan bagian dari fasilitas yang disediakan hotel ke jemaah haji.

Menurut Sri Ilham, jemaah bisa berkoordinasi atau janjian dengan jemaah lainnya yang tinggal sekamar mengenai penggunaan safety box tersebut, termasuk nomor pin yang digunakan.

Baca: Jelang Kedatangan di Bandara Jeddah, Ini Tiga Imbauan Penting Kemenag untuk Jemaah Haji

Begitu juga dengan saat di pelaksanaan puncak haji di Arafah, Muzdalifah, Mina. "Jemaah tak perlu membawa uang dan barang berharga agar bisa fokus melaksanakan ibadah," ungkapnya.

"Atau untuk di Makkah kalau tidak mau menyimpan di safety box, bisa ke maktab. Jadi kita anjurkan kalau ada uang barang Arafah, nggak usah dibawa ke Arafah dan Armina, barang berharga titipkan ke Maktab pakai tanda terima. Ini paling aman," pungkas Sri yang mahir berbahasa Arab ini. (Kemenag.go.id/MCH)

Editor: Elpianur Achmad

Wanita Tewas Dalam Lemari Pernah Unggah Foto Bersama Pelaku, Sempat Usir dari Kos sebelum Dibunuh

Berita Populer