Kanal

Perempuan Cantik Banua Ini Dijuluki Srikandi Sungai

Galuh Tantri Narinda - istimewa

BANJARMASINPOSt.CO.ID, BANJARMASIN - Dunia konstruksi tidak cuma didominasi laki-laki. Kaum hawa pun bisa berkecimpung di dalamnya dan bahkan berperan penting, seperti Galuh Tantri Narinda.

Perempuan muda ini punya andil besar dalam pembangunan infrastruktur dan tata ruang di daerahnya di Kabupaten Banjar. Berkat pemikirannya yang brilian, predikat ‘pendekar’ infrastruktur pun tersemat pada dirinya.

Tantri tak hanya tipe perempuan pekerja lapangan, tapi juga seorang pengajar bidang pengadaan barang/jasa (manajemen kontrak).

Ia juga seorang ahli madya bangunan gedung pada Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia, ahli pengadaan barang/jasa pemerintah serta bersertifikat ahli pengadaan dari Lembaga Kajian Pengadaan Pemerintah (LKPP).

"Karakter perempuan yang lebih sensitif dan teliti dibanding laki-laki jadi kelebihan dalam pemecahan masalah. Wajar jika kini perempuan kian berperan dalam kehidupan," ucap Tantri, Sabtu (04/08/2018).

Ia menuturkan basic-nya sebagai praktisi manajemen kontrak dimulai sejak 2004. Awalnya cuma sebagai staf, lalu pengawas lapangan, asisten teknis, pengelola teknis, panitia lelang/pokja pengadaan hingga menjadi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK).

Terjun ke dunia konstruksi memang bagian dari disiplin keilmuannya sejak kuliah. "Saya senang mendesain. Saya sering memimpikan kota yang tertata rapi dengan semua infrastrukturnya yang kengkap untuk kenyamanan publik," tandasnya.

Awal kuliah, Tantri merasa kurang nyaman sebab pernah berada di lapangan. Aalagi ia harus rela berpanas-panasan dan hujan untuk menempuh studinya di Fakultas Teknik Sipil, Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Banjarmasin. "Pernah saya pulang menangis karena kepanasan di lapangan," kenangnya.

Selengkapnya baca koran Banjarmasin Post edisi, Minggu (05/08/2018).

Penulis: Khairil Rahim
Editor: Idda Royani
Sumber: Banjarmasin Post

Beredar Foto-foto Awal Penemuan Jasad Korban Pembunuhan Sekeluarga di Bekasi, 2 Anak di Kamar

Berita Populer