Kanal

Bupati Ansharuddin Hadiri Rapat Koordinasi Rakorwasda Tahun 2018 di Banjarmasin

Bupati Balangan Ansharuddin melakukan Penandatanganan APIP-APH se Provinsi Kalsel. - Istimewa

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Kabupaten/kota se Provinsi Kalimantan Selatan, melaksanakan Rapat Koordinasi Pengawasan Daerah (Rakorwasda) tahun 2018, sekaligus penandatanganan APIP-APH, dalam rangka penanganan pengaduan masyarakat terkait indikasi korupsi dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah. Bertempat di Mahligai Pancasila, Banjarmasin, kemarin Kamis (2/8/2018).

Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) adalah Instansi Pemerintah yang mempunyai tugas pokok dan fungsi melakukan pengawasan, dan terdiri atas Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) yang bertanggung jawab kepada Presiden.

Inspektorat Jenderal (Itjen)/Inspektorat Utama (Ittama)/Inspektorat yang bertanggung jawab kepada Menteri/Kepala Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPND), Inspektorat Pemerintah Provinsi yang bertanggung jawab kepada Gubernur, dan Inspektorat Pemerintah Kabupaten/Kota yang bertanggung jawab kepada Bupati/Walikota.

Sementara itu Aparat Penegak Hukum (APH) diantaranya Kejaksaan dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Bupati Balangan, H Ansharuddin yang juga hadir dalam kesempatan itu mengungkapkan, berjanji akan meningkatkan kapasitas kepada Aparatur Pemerintah tingkat Kabupaten Balangan sendiri, baik di tingkat Pemerintah Kabupaten hingga di tingkat Pemerintahan Desa.

"Untuk menghindari dan memberantas praktek KKN di Kabupaten Balangan, kita akan melakukan peningkatan kapasitas kepada Aparatur Pemerintah, baik di tingkat Pemerintah Kabupaten bahkan hingga ke Pemerintahan Desa, serta meningkatkan pengawasan yang dilakukan oleh Inspektorat Kabupaten Balangan," tegasnya.

Acara Rakorwasda dan Penandatanganan APIP-APH se Provinsi Kalsel tersebut dihadiri oleh Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, Irjen Kemendagri, Kejati Kalsel, Polda Kalsel, Bupati/Wali Kota se Kalsel, Kajari, Kapolres, serta Inspektorat se Provinsi Kalimantan Selatan.(*/aol)

Penulis: Elhami
Editor: Didik Trio
Sumber: Banjarmasin Post

Video Mesumnya Diputar di Kelas dan Tersebar, Siswi Berprestasi di Karawang Terpaksa Pindah Sekolah

Berita Populer