Kanal

Dua Kali Diguyur Hujan, Kabut Asap dan Titik Api di HSU Lenyap

Ilustrasi - Ist

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Memasuki musim kemarau memang sangat berpotensi terjadunya kebakaran lahan dan hutan baik oleh ulah manusia atau memang faktor alam. Dan untung mengantisipasi hal ini Badan Penanggulanagan Bencana Daerah (BPBD) Hulu Sungai Utara (HSU) telah mendirikan Posko Karhutla sebagai tempat berkumpulnya seluruh pihak yang terkait dalam pencegahan dan mengatasi jika terjadi Karhutla.

Kepala BPBD HSU Sugeng Riyadi mengatakan dengan adanya Posko membuat informasi mengenai Karhutla bisa cepat diterima oleh seluruh pihak, pihaknya juga membentuk relawan siaga Karhutla di setiap kecamatan di HSU yaitu berjumlah 10 kecamatan.

“Anggota juga kami mintakan untuk berpatroli untuk mencegah adanya titik api yang tidak terdeteksi oleh satelit BMKG,” ujarnya.

Baca: Hasil Timnas U-16 Thailand vs Myanmar - Skor Akhir 1-0, Thailand ke Final Piala AFF U-16 2018

Beberapa waktu lalu di Kecamatan Banjang dan Amuntai Tengah memang terdapat beberapa titik api, namun beruntung tak lama setelahnya turun hujan. Karena untuk memadamkan letaknya sangat jauh dan sulit ditempuh kendaraan bermotor.

“Saat banyak titik api juga sempat terjadi kabut asap ringan namun karena tak lama setelahnya ada dua kali hujan deras membuat kabut asap menghilang,” ungkapnya.

Baca: Pesona Nissa Sabyan Gambus Buat Para Bule Tercengang Saat Mendengar Lagunya

Pihaknya saat ini terus berkoordinasi dengan BMKG dan melihat shasil dari satelit untuk melihat titik api, namun tak hanya mengandalkan hasil pemantauan satelit pihak BPBD juga tetap melakukan patroli. Karena sering kali titik api tidak terdeteksi oleh radar satelit, sebaliknya titik api yang terdeteksi oleh radar namun saat didatangi tidak terjadi kebakaran.

Sugeng menambahkan pihaknya berharap kabut asap tidak akan terjadi pada tahun ini, mengingat pemerintah sangat berkosentrasi untuk mencegah terjadinya kebakaran lahan dan hutan untuk persiapan Asian Games. “BPBD di seluruh kabupten sempat diminta bertemu langsung dengan Gubernur Kalimantan Selatan untuk bener benar menjaga daerah masing masing agar mengatasi Karhutla agar tidak terjasi kabut asap yang akan mengganggu berjalannya Asian Games 2018,” ungkapnya. (nia)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Didik Trio
Sumber: Banjarmasin Post

Beredar Foto-foto Awal Penemuan Jasad Korban Pembunuhan Sekeluarga di Bekasi, 2 Anak di Kamar

Berita Populer