Kanal

Mahasiswa Banjarmasin Temukan Alat untuk Melacak Sepeda Motor yang Hilang

Mahasiswa Prodi Teknik Informatika, Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) l, Edwin Shaleh Indra Pratama, Ferry Sandy Pramudita Wardani, dan Syamsuddin berhasil menciptakan sistem keamanan untuk sepeda motor. - Airul Syarif

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Saat ini manusia lebih mengutamakan keamanan dan kenyamanan. Maka dari itu para mahasiswa di Banjarmasin membuat sistem keamanan berbasis aplikasi dan web.

Seperti yang dilakukan oleh Mahasiswa Prodi Teknik Informatika, Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) l, Edwin Shaleh Indra Pratama.

Dirinya beserta Ferry Sandy Pramudita Wardani, dan Syamsuddin berhasil menciptakan sistem keamanan untuk sepeda motor.

Alat tersebut mereka beri nama aplikasi Sikali (Sistem Keamanan Kendali).

Baca: SEDANG BERLANGSUNG! Live Streaming Indosiar Indonesia vs Malaysia Semifinal Piala AFF U-16 2018

"Konsepnya ini sebagai keamanan dan kendali pada sepeda motor. Apabila sistem ini diaktifkan maka penggunaan kunci tidak bisa digunakan lagi, hanya bisa diakses menggunakan android untuk menghidupkan dan mematika sepeda motor. Aplikasi ini juga bisa melacak keberadaan motor tersebut, jika hilang," ujarnya pada banjarmasinpost.co.id saat ditemui di kampus Poliban, Kamis (9/8/2018) siang.

Baca: BREAKINGNEWS - Kyai Maruf Amin Jadi Cawapres Jokowi pada Pilpres 2019, Lalu Mahfud MD?

Biaya yang dikeluarkan Edwin dan teman-teman untuk membuat alat tersebut sekitar Rp 600.000. Dirinya berharap alat ini dapat dikembangkan lagi dan dapat digunakan untuk orang banyak.

Menurut Edwin alat ini dapat mengantisipasi tidakan pencurian sepeda motor. Fungsi dari aplikasi ini yaitu untuk mengaktifkan dan mematikan kunci, starter, dan melacak keberadaan sepeda motor menggunakan android.

Baca: BREAKINGNEWS - Warga G Obos Palangkaraya Geger, Bayi Laki-laki Ditemukan Disemak-semak

Kepala Program Studi (Kaprodi) Pendidikan Tekhnik Informatika, Poliban, Subandi, ST, MKom, mengatakan bahwa alat tersebut merupakan hasil tugas akhir dari para mahasiswa.

"Di dalam tugas akhir ini biasanya memfisualisasikan dari realitas kehidupan. Hal ini juga untuk menyiasati kemajuan teknologi, yang sudah memasuki revolusi industri 4.0. Semuanya akan digerakkan melalui internet. Misal itu ada alat yang dapat mengendalikan sepeda motor dari jarak jauh. Dan masih banyak lagi hasil tugas akhir para mahasiswa," tuturnya pada BPost Online.

(Banjarmasinpost.co.id/airul)

Penulis: Airul Syahrif
Editor: Didik Trio
Sumber: Banjarmasin Post

Beredar Foto-foto Awal Penemuan Jasad Korban Pembunuhan Sekeluarga di Bekasi, 2 Anak di Kamar

Berita Populer