Kanal

Sebulan KKN, 393 Mahasiswa ULM Produksi Berbagai Olahan Bersama Masyarakat Desa di HSS

Pelepasan Mahasiswa KKN di Pendopo Kabupaten HSS - banjarmasinpost.co.id/aprianto

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Ratusan mahasiswa dari Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat (Unlam) telah menyelesaikan kuliah kerja nyata (KKN) di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Ada 393 orang mahasiswa dari berbagai jurusan yang sudah menjalani KKN di HSS.

Ada dari jurusan Agro Ekonomi Teknologi, Sosial Ekonomi, Agronomi, Peternakan, Proteksi Tanaman dan Tanah.

Jumat, (10/8), Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) melepas para mahasiswa KKN ini di Pendopo Kabupaten HSS.

Baca: Robby Purba Pamit Tinggalkan Karma ANTV Usai Kabar Roy Kiyoshi Operasi, Sebut Opung dan Keluarga

Pelepasan para mahasiswa KKN dilakukan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) HSS HM Ideham dan dihadiri juga oleh Dekan Fakultas Pertanian Unlam Prof Luthfi.

Pada kegiatan ini diserahkan plakat dari Dekan Fakultas Pertanian ULM dan Laporan hasil KKN dari Ketua KKN kepada Sekretaris Daerah Kabupaten HSS.

Dekan Fakultas Pertanian Unlam Prof Luthfi mengatakan para mahasiswa telah menjalankan KKN dari 11 Juli sampai 10 Agustus dengan pelaksanaan KKN dilakukan di desa-desa yang memiliki potensi di bidang pertanian dan peternakan.

Baca: Young Lex Babak Belur, Anji Batalkan Duet Bareng Karena Dengar Suara KPopers?

"Para mahasiswa telah menjalankan tugas di lapangan selama sebulan. Mereka telah menjalankan tugasnya, serta bekerjasama dengan masyarakat di lokasi-lokasi yang telah ditentukan," katanya.

Luthfi menyampaikan permohonan maaf jika selama pelaksanaan KKN, pihaknya banyak melakukan kesalahan, baik dari mahasiswa, pengelola KKN maupun dosen pembimbing.

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada jajaran Pemerintah Kabupaten HSS, yang telah memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman langsung di lapangan.

Baca: Di Ulang Tahun ke 40 AHY Minta Maaf Kepada Kader Demokrat, Ani Yudhoyono Tuliskan Sabar dan Tegar

"Para mahasiswa telah mendapatkan pengalaman langsung di masyarakat, berhadapan dengan the real problem, sekaligus mengabdikan ilmunya dan mendapatkan feedback dari ilmu yang telah diaplikasikan," katanya.

Meski pelaksanaan KKN hanya sebulan, namun banyak pengalaman dan hal-hal berharga yang telah didapatkan para mahasiswa.

Mereka telah menguasai teknologi untuk pengolahan produk-produk pertanian.

Ada berbagai olahan yang telah diproduksi mahasiswa bekerjasama dengan masyarakat desa selama melaksanakan KKN.

Diantaranya, olahan gula aren, permen jahe dan kacang, telur itik aneka rasa, manisan tomat, kolang kaling dan lombok, olahan labu, singkong, dan lain-lain.

Sekda HSS HM Ideham mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada mahasiswa KKN Fakultas Pertanian Unlam yang telah berperan aktif dan mendukung pemberdayaan masyarakat di HSS.

"Semoga kerjasama ini dapat terus dijaga dan dipelihara, serta dikembangkan di masa yang akan datang. Jika para mahasiswa memerlukan studi lebih lanjut di daerah kami, maka kami persilahkan untuk datang kembali dan melakukan riset di masyarakat," katanya.

Penulis: Aprianto
Editor: Edinayanti
Sumber: Banjarmasin Post

Sebelum Tewas, Anak Korban Pembunuhan di Bekasi Tulis Surat: Mama Papa Maafin Kakak Sudah Buat Marah

Berita Populer