Kanal

SMPN 2 Barabai Gelar Pemilihan Ketua Osis Ala Pemilu, Ihsan Pemenangnya

Pemungutan suara untuk memilih Ketua Osis di SMPN 2 Barabai. - istimewa

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI-  Dalam rangka memilih ketua osis, Siswa SMPN 2 Barabai menggelar “Pesta” demokrasi di sekolah mereka. Pemilihan tersebut digelar ala Pemilu langsung, dimana seminggu sebelum pemungutan suara para calon diberi kesempatan melakukan debat dan orasi di depan teman-temannya.

Para calon juga diberi kesempatan menyampaikan visi dan misi yang dihadiri kakak kelas maupun adik kelas meraka.

Wakil Kepala Sekolah SMPN 2 Barabai H Maslan mengungkapkan, pemilihan ketua Osis ala Pemilu di negeri ini dilaksanakan sudah tahun ke lima. Tujuannya, selain mengenalkan sistem demokrasi, juga agar siswa memahami pentingnya memilih pemimpin mulai dari sekolah yaitu di kalangan temannya.

Dimulai dari lingkungan sekolah, siswa diharapkan menganal sistem demokrasi  langsung dan dapat  menggunakan hak-hak suaranya  dalam menentukan pemimpin, dalam hal ini Ketua OSIS," kata Maslan.

Baca: Santer Dikabarkan Berseteru dengan Robby Purba, Roy Kiyoshi Akhirnya Buka Suara

Baca: Gramedia Veteran Memperingati Hari Kemerdekaan Mengadakan Buku Murah Mulai Rp 11 Ribu

Dijelaskan dia, pemungutan suara atau pencoblosan dilaksanakan Rabu 8 Agustus 2018 dimana 339 siswa-siswa SMPN 2 Barabai melakukan pencoblosan di halaman sekolah mereka.

Kegiatan Pemilu Ketua Osis diharapkan membentuk karakter para siswa, dimana mereka diajarkan pentingnya kerjasama dalam menyelesaikan masalah hingga mengambil keputusan untuk kepentingan orang banyak. 

Disebutkan, para guru di lingkungan SMPN 2 Barabai juga turut berperan dalam pemungutan suara  dan secara tidak langsung guru memiliki kewajiban membina  anak didiknya, memberi contoh sehingga para  siswa memiliki karakter yang makin kuat.

 Dari tujuh peserta calon ketua OSIS SMPN 2 Barabai yang berhasil terpilih pada pemungutan suara tersebut adalah M Insan Kamil dari kelas VIII B, menggantikan Fadli yang sudah duduk di kelas IX. (banjarmasinpost.co.id/hanani)  

 
 

Penulis: Hanani
Editor: Hari Widodo
Sumber: Banjarmasin Post

Kronologi Lengkap Pembunuhan Satu Keluarga di Bekasi yang Dilakukan Haris Simamora

Berita Populer