Kanal

Ustadz Abdul Somad Berbagi Amalan Sunah di Bulan Dzulhijjah yang Bisa Dikerjakan, Ini Paling Utama

Ustadz Abdul Somad - youtube

BANJARMASINPOST.CO.ID - Sebentar lagi umat Islam akan memasuki salah satu bulan mulia dalam Islam, yakni Dzulhijjah.

Bulan ini tergolong spesial karena ada beberapa peristiwa penting di dalamnya.

Di antaranya adalah puncak pelaksanaan haji berupa wukuf, puasa Arafah dan hari raya Idul Adha.

Baca: Jelang Pilpres 2019, Ini Doa Saat Memilih Pemimpin yang Baik dan Bukan Pemimpin yang Zalim

Memasuki bulan Zulhijjah, ada banyak amalan sunah yang bisa kita kerjakan untuk memakmurkan bulan mulia tersebut.

Allah pun akan memberikan ganjaran pahala bagi pelakunya.

Baca: Robby Purba Dikabarkan Keluar dari Karma ANTV dan Unfollow Roy Kiyoshi karena Masalah ini

Menurut Ustadz Abdul Somad dalam sebuah ceramahnya di YouTube diposting oleh Fodamara TV dipublikasikan pada 8 September 2016 menyitir sebuah hadis Nabi Muhammad SAW tentang keutamaan beramal saleh di 10 hari pertama bulan Dzulhijjah.

Baca: Berseteru dengan Robby Purba & Diserang Haters, Roy Kiyoshi: Biarlah Waktu yang Menjawab

Menurut hadis tersebut, tak ada hari yang kita boleh beramal saleh pada hari itu lebih dicintai Allah melebihi 10 hari ini.

“Artinya, jika kita rajin beramal saleh selama 10 hari awal bulan Dzulhijjah, maka Allah akan lebih mencintai kita,” jelasnya.

Apa saja jenis amal salehnya?

Di hadis itu tak ada dijelaskan, namun menurut pengamatan para sahabat Nabi Muhammad terhadap Nabi Muhammad, beliau selama 10 hari awal bulan Dzulhijjah sering berpuasa sunah.

Puasa itu terhitung sejak 1 Zulhijjah hingga 9 Zulhijjah, sedangkan pada 10 Zulhijjah tidak karena itu adalah hari raya Idul Adha dan umat Islam dilarang berpuasa di hari itu.

Dalam sebuah hadis lain disebutkan pula bahwa satu-satunya ibadah yang dinisbatkan nabi ke Allah dan Allah ke nabi adalah puasa.

“Ujar Allah, puasamu untuk-Ku. Maka, dari sini bisa disimpulkan amalan saleh selama bulan Dzulhijjah yang paling utama atau afdol adalah puasa sunah,” tambahnya.

Walau begitu, jika kita ingin melakukan amalan-amalan sunah lainnya tetap dibolehkan, sebab di hadis pertama tadi tak ada diperinci apa saja amal saleh yang bisa dilakukan di bulan mulia ini.

“Mau mengaji Alquran silakan, perbanyak salat sunah, berzikir, dan sebagainya juga boleh. Tak sanggup berpuasa, silakan baca Alquran. Tak sanggup juga baca Alquran, perbanyaklah salat sunah. Tak sanggup juga salat sunah, kerjakan yang paling ringan, zikir, dan sebagainya. Mau dan sanggup mengerjakan semuanya, itu lebih bagus lagi,” terangnya. (banjarmasinpost.co.id/yayu fathilal)

Penulis: Yayu Fathilal
Editor: Didik Trio
Sumber: Banjarmasin Post

Terekam Kamera Sosok Pria yang Diduga Selingkuhan Angel Lelga, Digerebek Vicky Berduaan di Kamar

Berita Populer