Kanal

Lomba Bamboo Rafting Meriahkan Hari Kemerdekaan Bakal Digelar di Sini

Kodim 1003 Kandangan menggelar Lomba Tradisional Bamboo Rafting di Wisata Loksado - Istimewa

BANJARMASINBPOST.CO.ID, KANDANGAN - Kodim 1003/Kandangan menggelar Lomba Tradisional Bamboo Rafting di Wisata Loksado Kecamatan Loksado Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu, (11/8) ini diikuti ratusan peserta. Mereka tidak hanya mengandalkan pada kekompakan tim dan kerjasama tim secara keseluruhan.

Para peserta juga harus menghias lanting mereka dengan warna merah dan putih. Setiap peserta juga harus memakai ikat kepala merah dan putih.

Baca: Hasil Kualifikasi MotoGP Austria 2018 : Marquez Pole Position, Rossi Hanya Start ke-14

Peserta begitu antusias dalam memeriahkan peringatan Hari ke-73 Kemerdekaan RI dengan tema TNI Bersama Masyarakat wujudkan Loksado sebagai wisata Nasional.

Jumlah peserta lomba bamboo rafting lebih dari 200 orang dari berbagai daerah di Kalsel.

Dandim 1003/Kandangan Letkol Inf Suhardi Aji Sriwijayanto mengatakan Bambo Rafting menjadi salah satu wisata andalan di Kecamatan Loksado Kabupaten HSS.

Baca: Dinas Pariwisata Batola Bidik Jembatan Rumpiang Jadi Objek Wisata, Begini Rencananya

"Sebagai momentum dalam gelorakan semangat Kemerdekaan RI ke-73, kita menggelar lomba bambo rafting," katanya

Menurutnya melalui olahraga tradisional Bambu Rafting tersebut bermaksud mengangkat wisata Loksado ke tingkat Nasional bahkan Internasional sebagai wisata petulangan, dengan sebutan “Wisata surga yang tersembunyi dengan air mengalir jernih”.

Kegiatan lomba Tradisional ini juga berhadiah jutaan rupiah. Juara satu meraih tropy, sertifikat dan uang Rp empat juta.

Baca: Live Streaming O Channel & Vidio.com Liga 1, Barito Putera Vs Persebaya, Paulo Sitanggang Main

Juara dua meraih tropy, sertifikat dan uang Rp tiga juta dan untuk juara dua meraih tropi, sertifikat dan uang Rp dua juta.

"Untuk juara pertama diraih tim Polsek loksado, juara dua tim Desa Kamawakan dan juara tiga diraih tim merah putih Kandangan," tambahnya.

Operator wisata Bamboo Rafting Jarkasi mengatakan bahwa bambo rafting aman dilakukan meski arus sungai Amandit cukup deras.

"Para joki bambo rafting sudah teruji dan handal. Mereka sudah mengenal medan dan jalur Sungai Amandit," katanya, Minggu, (12/8).

Bambo rafting sendiri dikatakannya berukuran panjang sekitar 18-25 meter. Dengan bahan dasar bambu atau paring yang disusun menjadi rakit. Pada ujung depan rakit dibiarkan tidak dipotong, tetapi dibuat menyatu dan meruncing ke atas.

“Jumlah peserta bamboo rafting kami batasi. Padahal yang mendaftar masih banyak lagi. Joki (pemandu) olahraga wisata susur sungai cukup terbatas,” lanjutnya (Rian).

Penulis: Aprianto
Editor: Didik Trio
Sumber: Banjarmasin Post

Viral Curhatan Penumpang Lion Air yang Tak Dapat Tempat Duduk: 'Suruh Nyari Sendiri Emang Kopaja'

Berita Populer