Kanal

Meningkatkan Produksi Padi, Menyelamatkan Ketahanan Pangan Daerah

- BPost Cetak

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Pertumbuhan pembangunan di segala bidang terutama permukiman, industri dan pergudangan di Kabupaten Banjar sangat berpengaruh terhadap sektor pertanian khususnya produksi padi, karena menyebabkan alih fungsi lahan pertanian khususnya lahan sawah menjadi lahan nonpertanian.

Hal ini akan mengancam kemandirian, ketahanan dan kedaulatan pangan daerah.

Sehubungan dengan hal tersebut dan dalam rangka mewujudkan kemandirian, ketahanan dan kedaulatan pangan daerah serta nasional, maka upaya untuk memperluas baku lahan sawah melalui kegiatan perluasan sawah sangat penting untuk bisa meningkatkan produksi padi khususnya di Kabupaten Banjar.

Baca: Hari Kemerdekaan Indonesia, Negara Ini Juga Rayakan Kemerdekaan Tanggal 17 Agustus Nanti

Beberapa waktu lalu, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Selatan, Faturrahman MP, melaksanakan penandatangan MoU kegiatan perluasan sawah tahun anggaran 2018 dengan Brigjen TNI Teguh Pudjo Rumekso selaku Kasdam VI Mulawarman.

Juga dilakukan penandatangan kontrak kegiatan perluasan sawah tahun anggaran 2018 antara Kol Inf Yudianto Putrajaya selaku Danrem 101 Antasari dengan Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikuktura Kabupaten Banjar, Muhammad Fachry beberapa hari lalu.

Baca: Kumpulan Ucapan Hari Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 2018, Kutipan Soekarno, Soeharto & Jokowi

Penandatangan MoU dan kontrak kegiatan cetak sawah ini merupakan langkah awal untuk dimulainya pelaksanaan kegiatan perluasan areal sawah yang akan di laksanakan di Desa Tajau Landung Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar dengan luas 100 Hektare.

Pangdam VI Mulawarman dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kasdam VI Mulawarman Brigjen TNI Teguh Pudjo Rumekso menyampaikan bahwa kegiatan perluasan sawah tahun anggatan 2018 ini merupakan salah satu program prioritas di Kementerian Pertanian sebagai upaya meningkatkan produksi beras nasional.

Baca: Reaksi Boyband BTS Saat Menonton Nissa Sabyan Gambus Menyanyi Ya Jamalu, Begini Cerita Sebenarnya

Karena dengan bertambahnya lahan sawah di harapkan akan meningkatkan produksi beras di wilayah tersebut yang berarti pemenuhan kebutuhan pangan akan terpenuhi.

Sebagai upaya pencapaian program Pemenuhan kebutuhan pangan maka perlu di laksanakan realisasi kegiatan perluasan sawah kerja sama antara Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dengan TNI AD.

Editor: Edinayanti
Sumber: Banjarmasin Post Edisi Cetak

Video Viral Jokowi Hormat Sendiri saat Indonesia Raya Berkumandang, Begini Menurut Undang-undang

Berita Populer