Kanal

Peringatan HAN 2018 dan Harganas XXV Tingkat Kabupaten HSS

Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) dan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXV 2018 digelar di Lapangan Lambung Mangkurat, Kandangan, Senin (13/8). - istimewa/Protokol dan Kehumasan

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) dan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXV 2018 digelar di Lapangan Lambung Mangkurat, Kandangan, Senin (13/8).

Beragam kegiatan dilaksanakan untuk memeriahkan peringatan HAN tersebut, di antaranya Festival PAUD 2108 dengan berbagai lomba seperti peragaan busana baju profesi.

Tarik tambang, menyusun balok, estafet memindah bendera, menggambar bebas dan mewarnai bebas hingga lomba Mewarnai dan menggambar rambu-rambu lalu lintas.

Tema HAN tahun ini yakni Anak Indonesia Genius, Gesit Empati Berani Unggul dan Sehat.

Acara ini dihadiri Pj Bupati HSS H Dahnial Kifli (istimewa/Protokol dan Kehumasan)

Peringatan Harganas bertemakan “Hari keluarga, hari kita semua," dengan tagline, "Cinta keluarga, cinta terencana."

Bermacam-macam penampilan kesenian juga dibawakan anak-anak beragam usia pada kesempatan tersebut.

Dipamerkan pula suara anak HSS dan papan mimpi anak, serta deklarasi suara anak Indonesia dan suara anak HSS.

Hadiah dan penghargaan untuk berbagai lomba yang dilaksanakan dalam rangka memeriahkan HAN dan Harganas Tingkat Kabupaten HSS juga diserahkan usai kegiatan.

Acara ini dihadiri Pj Bupati HSS H Dahnial Kifli, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah

(Forkopimda) HSS, Ketua TP PKK Kabupaten HSS Hj Rachmalina Dahnial beserta

pengurus serta Kepala SKPD dan undangan lainnya (istimewa/Protokol dan Kehumasan)

Acara ini dihadiri Pj Bupati HSS H Dahnial Kifli, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) HSS, Ketua TP PKK Kabupaten HSS Hj Rachmalina Dahnial beserta pengurus serta Kepala SKPD dan undangan lainnya.

Menurut H Dahnial Kifli, peringatan hari keluarga dimaksudkan agar maknanya dapat dipahami oleh seluruh keluarga dan benar-benar bisa dinikmati.

"Hari keluarga juga mengingatkan kembali tentang pentingnya mencintai dalam keluarga, dan pentingnya perencanaan dalam membangun keluarga," tegasnya.

Menurutnya anak merupakan generasi penerus masa depan, tunas harapan yang akan melanjutkan estafet pembangunan di Kabupaten HSS.

Dijelaskan, hal tersebut diamanatkan dalam UUD tahun 1945 Pasal 28 b, ayat (2), bahwa negara menjamin, setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh, dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan, eksploitasi dan diskriminasi.

"Sehingga kami berharap, kegiatan peringatan hari anak ini tidak hanya sebatas rutinitas dan seremonial semata, namun dapat menjadi titik tolak untuk menjamin pemenuhan hak anak atas hak hidup, tumbuh, kembang dan berpartisipasi secara wajar serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi," ungkap Dahnial.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A), Hj Is Susilastuti mengatakan peringatan HAN ini merupakan momentum untuk meningkatkan kepedulian semua pihak, agar lebih peduli pada tumbuh kembang anak, khususnya di Kabupaten HSS.

Tujuan peringatan HAN dan Harganas menjadi satu kesatuan, yaitu meningkatkan keluarga yang berkualitas, bahagia dan sejahtera. (AOL/*)

Penulis: Aprianto
Editor: Edinayanti
Sumber: Banjarmasin Post

Pesawat Miring dan Bergoyang Tak Wajar lalu Putar Balik, Wings Air Benarkan Adanya Kesalahan Teknis

Berita Populer