Kanal

Begini Bocoran Tips Sukses Trading dari Analis

(kiri) Analis RHB Sekuritas Banjarmasin saat berdiskusi dengan seorang nasabah investor Kalsel - banjarmasinpost.co.id/acm

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Apapun latarbelakang seseorang, manajemen keuangan adalah hal yang wajib dipahami dan dibenahi untuk bisa efektif dan efisien dalam keuangan.

Pun demikian dalam berinvestasi saham, khususnya bagi trader, manajemen keuangan juga diartikan sebagai manajemen resiko yang bisa berperan besar dalam raup keuntungan dan tekan resiko kerugian.

Analis RHB Sekuritas Banjarmasin, Supian berikan tips-tips trading saham, yaitu pertama adalah pengaturan modal.

Baca: Pengakuan Mengejutkan Andi Arief Soal Mahar Rp 500 Miliar, Ternyata Ada yang Perintahkan Dia Bicara

Artinya investor sebaiknya lakukan pembagian antara berapa banyak uang yang digunakan untuk trading, investasi maupun simpanan.

Bagi investor pemula, Supian sarankan modal yang digunakan bisa dimulai dari 5-10 persen dari keseluruhan modal atau pendapatan.

Baca: Batu Bara Lesu, Jualan Jamu Pun Ikut lesu, Dulu Sehari Sampai Rp 2 Juta, Kini Cuma Rp 200 Ribu

Penambahan modal investasi sebaiknya secara bertahap dilakukan, namun bersumber dari keuntungan investasi sebelumnya sehingga tidak menekan keuangan.

Membuat trading plan dengan rinci dengan pertimbangkan indikator harga masuk, target profit dan stop loss juga menjadi langkah cermat bagi investor.

Baca: Ini Syarat-syarat Binatang Sah dan Layak Dijadikan Hewan Kurban Saat Hari Raya Idul Adha 2018

Hal ini dijadikan panduan agar tidak terlena baik untuk mencari keuntungan lebih besar maupun terbawa pelemahan saham yang memang masuki momen penurunan.

Selain tiga indikator tersebut, sensitif dengan berita dalam dan luar negeri maupun indeks komposit negara lainnya juga jadi esensial jadi referensi pembuatan trading plan.

Selanjutnya adalah tetapkan batasan resiko pada setiap transaksi dan cepat-cepat lakukan cut loss apabila pelemahan telah sentuh titik batasan resiko.

"Kalau lihat merah jangan lalu kecewa dan ceroboh, segera lakukan batasan resiko dan jangan sampai terbawa pelemahan lebih dalam," kata Supian.dengan membatasi resiko.

Terakhir, tegas kepada diri sendiri dengan tidak mudah tergoda dengan saham-saham lain ketika saham dalam portofolio anda belum mencapai tujuan juga penting.

"Hal ini akan membuat fokus terbagi-bagi sehingga potensi kerugian bisa lebih besar," kata Supian.

(Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Edinayanti
Sumber: Banjarmasin Post

Fenomena Air Terjun Sedudo Nganjuk Berubah jadi Hitam Pekat, Pengunjung Dilarang Mandi

Berita Populer