Kanal

Pemkab HSS Gelar Upacara Peringatan Hari Jadi Provinsi Kalsel

Pemkab HSS Gelar Upacara Peringatan Hari Jadi Provinsi Kalsel - istimewa/ Kominfo HSS

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) ikut memperingati hari jadi ke-68 Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) di Kabupaten HSS.

Peringatan tersebut ditandai dengan upacara yang digelar di Halaman Sekretariat Daerah HSS, Selasa (14/8) dengan pembina upacara Sekretaris Daerah Kabupaten HSS HM Ideham.

Hadir dalam kesempatan itu, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Para asisten, staf ahli, Kepala SKPD, dan diikuti oleh para Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkup Pemerintah Kabupaten HSS.

Pemkab HSS Gelar Upacara Peringatan Hari Jadi Provinsi Kalsel (istimewa/ Kominfo HSS)

Dalam sambutan tertulis Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor yang dibacakan Sekda Kabupaten HSS HM Ideham, mengatakan, upacara peringatan hari jadi ini merupakan momentum sejarah yang memang sepatutnya dikenang, direnungkan dan dihayati secara seksama.

Untuk menjadi inspirasi kita dalam membangun Provinsi Kalimantan Selatan yang lebih baik dan lebih maju, mandiri dan terdepan diseluruh sektor pembangunan.

Berdirinya Kalsel sebagai salah satu dari sepuluh provinsi di Indonesia, merupakan kebanggaan bagi masyarakat Kalsel.

Pemkab HSS Gelar Upacara Peringatan Hari Jadi Provinsi Kalsel (istimewa/ Kominfo HSS)

Tepatnya pada 14 Agustus 1950, Pemerintah Republik Indonesia melakukan penataan pemerintahan dan hanya menetapkan 10 provinsi di Indonesia.

"Sebagai provinsi tertua di pulau Kalimantan, maka Provinsi Kalimantan Selatan harus menjadi yang mandiri dan terdepan, dalam menuju sukses penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan," katanya.

Dalam sambutan tersebut juga dijelaskan, perekonomian di Kalsel telah mengalami kenaikan.

Jika tahun 2015 dan 2016 ekonomi tumbuh rata-rata sekitar 4%, maka di akhir tahun 2017 mampu tumbuh sebesar 5,26%.

Bahkan, perekonomian di Kalsel diperkirakan bisa tumbuh lebih baik lagi tahun 2018. Di bidang ketahanan pangan juga meningkat, khususnya produksi padi di tiap tahunnya.

"Tahun 2017, produksi padi di banua kita mencapai 2,4 juta ton. Ini produksi padi tertinggi diantara semua provinsi di Kalimantan. Secara nasional, Kalsel termasuk 10 besar provinsi penghasil padi di Indonesia," bebernya.

Gerakan revolusi hijau yang digalakkan juga mendapat apresiasi dari banyak pihak karena Kalimantan Selatan telah mampu melaksanakan penanaman puluhan ribu pohon.

Sementara itu, dalam konteks pemerintahan, Provinsi Kalimantan Selatan mampu meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) selama lima tahun berturut-turut.

"Kondisi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan kekuatan fiskal juga termasuk salah satu yang terbaik di Indonesia. Ini indikator kita mampu melakukan tata kelola pemerintahan secara profesional," lanjutnya.

Membangun provinsi Kalsel berarti turut membangun seluruh kabupaten/kota se Kalsel.

Oleh karena itu, jangan pernah ada ego pembangunan, karena tujuan utama membangun daerah adalah sama, yaitu kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.

"Mari kita maknai tema ā€¯Bagawi giat, Rakyat Rakat, Banua selamat," yang diangkat pada peringatan hari jadi ke 68 Provinsi Kalimantan Selatan, dalam kerja nyata, untuk membangun banua kita di masa depan," tegasnya. (AOL/*)

Penulis: Aprianto
Editor: Edinayanti
Sumber: Banjarmasin Post

Pengakuan Wanita Penabrak Anggota Polisi usai Terobos Rombongan Presiden Jokowi

Berita Populer