Kanal

Kejari Banjar Musnahkan 217 Paket Sabu Seberat 37,46 Gram

Barang bukti semester dua tahun 2017 dan semester pertama 2018 perkara yang sudah inkrah dimusnahkah di halaman Kantor Kejari Banjar, Kamis (16/8). - hasby

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Barang bukti semester dua tahun 2017 dan semester pertama 2018 perkara yang sudah inkrah dimusnahkah di halaman Kantor Kejari Banjar, Kamis (16/8).

Terdiri dari sabu-sabu totalnya sebanyak 217 paket atau 37,46 gram, carnophen atau zenith totalnya sebanyak 47.969 butir, Dextromethorphan totalnya sebanyak 8.804 butir. Ektasi totalnya sebanyak 29 butir, Somadril sebanyak 700 butir dan obat-obatan lainnya sebanyak 1.028 butir.

Barang bukti lainnya, senjata tajam sebanyak 62 perkara, minuman keras sebanyak 16 botol, sparepart berbagai jenis totalnya sebanyak 115 buah, kosmetik sebanyak 9.987 buah, serta saos sebanyak 720 buah.

Baca: Ini Naskah (Teks) Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Asli & Otentik Sambut HUT Kemerdekaan RI

Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Banjar, Muji Martopo mengatakan, pemusnahan barang bukti perkara yang sudah inkrah menjadi kewajiban jaksa melakukan eksekusi secara tuntas, termasuk barang bukti yang memiliki kekuatan hukum.

Dia menjelaskan, ada beberapa barang bukti yang sekiranya menurut penilaian jaksa perlu dimusnahkan tidak memberikan dampak kesehatan dan lingkungan. Juga mengurangi tumpukan barang bukti perkara yang sudah inkrah.

Baca: 20 Ucapan (Kata-kata) Selamat HUT Kemerdekaan RI (Hari Kemerdekaan Indonesia), 17 Agustus 2018

“Mudah-mudahan dengan pemusnahan ini dapat menambah semangat kinerja rekan-rekan jaksa di Kejari Banjar,” harapnya.

Dengan demikian, tanggungjawab terhadap barang bukti bisa dilakukan secara tuntas. Dirinya berharap pemusnahan barang bukti ini bisa rutin dengan jumlahnya yang cukup memadai.

Pemusnahan sabu-sabu dengan cara dicelupkan ke dalam air, obat-obatan terlarang dengan cara dibakar dan minuman keras serta saos dengan cara dipecahkan atau dilindas dengan stum. Sedangkan untuk senjata tajam dipatahkan.

Pada pemusnahan barang bukti di halaman kantor Kejari Banjar dihadiri Asisten I Pemkab Banjar, Zainudin, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar, Ikhwansyah, Ketua PN Martapura, Sumedi, perwakilan Kodim 1006/Mtp, BNN Kabupaten Banjar dan Polres serta Rutan Banjarbaru. (Banjarmasinpost.co.id/Hasby)

Penulis: Hasby
Editor: Didik Trio
Sumber: Banjarmasin Post

Remaja 18 Tahun Cekik Ibu hingga Tewas lalu Perkosa Mayatnya, Tepergok sang Nenek

Berita Populer