Kanal

Daftar Bacaleg Diumumkan, Ternyata Belum Ada Respon dari Warga HSS

Ketua KPU HSS Nida Guslaili Rahmadina - aprianto

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) sudah mengumumkan daftar calon sementara (DCS) bakal calon legislatif (Bacaleg) pada pemilu legislatif (Pileg) 2019 mendatang.

Hingga Jumat, (17/8) belum ada masukkan atau tanggapan dari masyarakat terkait dengan DCS untuk Pileg 2019 yang sudah diumumkan.

Tahapan jadwal masukkan dan tanggapan dari masyarakat mulai dilaksanakan sejak 12 Agustus hingga 21 Agustus mendatang.

Ketua KPU HSS Nida Guslaili Rahmadina membenarkan masih belum ada masukkan dan tanggapan terkait DCS yang sudah diumumkan.

Baca: Link Live Streaming Timnas U-23 Indonesia vs Laos via Streaming SCTV Asian Games 2018

"Masukan dan tanggapan dari masyarakat menjadi bahan pertimbangan KPU HSS untuk menetapkan daftar calon tetap (DCT),” katanya, Jumat, (17/8).

Masukkan atau tanggapan itu, dikatakannya bisa disampaikan melalui surat yang ditujukan kepada KPU HSS. Adanya masukkan atau tanggapan akan bisa mempengaruhi penetapan DCT.

Baca: Timnas U-23 Indonesia Vs Laos Live SCTV, Ini Prediksi Susunan Pemain

Baca: Timnas U-23 Indonesia Vs Laos Live SCTV Kapten Madura United Yakin Menang

Menurut PKPU nomor 20 tahun 2018 tentang pencalonan anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota menyebutkan bahwa eks narapidana korupsi, bandar narkoba dan kasus kekerasan seksual terhadap anak dilarang maju sebagai caleg.

"Bila ada masukkan atau tanggapan terkait dengan adanya DCS yang pernah terjerat kasus korupsi, bandar narkoba dan kasus kekerasan seksual terhadap anak akan dicoret dari DCS," katanya.

Setelah tahapan Jadwal masukkan dan tanggapan dari masyarakat dari 12-21 Agustus mendatang. Selanjutnya akan ada permintaan klarifikasi kepada partai politik atas masukkan dan tanggapan masyarakat terhadap DCS dari 22-28 Agustus.

Setelah itu masih ada sejumlah tahapan mulai dari pemberitahuan pengganti DCS, penyampaian klarifikasi dari partai politik kepada KPU HSS, Pengajuan pengganti bakal calon dan verifikasi pengganti DCS.

"Untuk jadwal pengumuman daftar calon tetap pada 21-23 September mendatang," tambahnya.

Sekadar diketahui ada total 303 Bacaleg dari 16 Parpol yang menyerahkan berkas ke KPU HSS. Pada pileg 2019 di HSS periode 2019-2024, hanya merebutkan 30 kursi dari tiga Daerah pemilihan (Dapil) se Kabupaten HSS.

Dapil satu meliputi Kecamatan Kandangan, Simpur, Sungai Raya dan Kalumpang dengan 11 kursi. Dapil dua Kecamatan Angkinang, Telaga Langsat, Padang Batung dan Loksado dengan delapan kursi.

Sedangkan dapil tiga dengan 11 kursi meliputi Kecamatan Daha Barat, Daha Selatan dan Daha Utara (Rian)

Penulis: Aprianto
Editor: Didik Trio
Sumber: Banjarmasin Post

Wanita di Medan Dicegat 4 Teman Sosialitanya saat Naik Taksi, Babak Belur Dihajar Pakai High Heels

Berita Populer