Kanal

Kalsel Ventura Ajarkan Ibu RT Atur Keuangan

Edukasi bertempat di Tambak Yudha, Banjarmasin itu diikuti 40 ibu rumah tangga, warga Kelurahan Pemurus Luar Banjarmasin. - banjarmasinpost.co.id/salmah

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Supaya masyarakat memahami mengatur keuangan maka PT Sarana Kalsel Ventura menggelar edukasi keuangan perencanaan keuangan keluarga untuk ibu rumah tangga, Senin (20/8).

Edukasi bertempat di Tambak Yudha, Banjarmasin itu diikuti 40 ibu rumah tangga, warga Kelurahan Pemurus Luar Banjarmasin.

Hasan Ruspandi SE MM, Direktur Utama PT Sarana Kalsel Ventura, sekaligus narasumber edukasi, menyatakan, sebagai lembaga keuangan non perbankan mereka memliki kewajiban sebagaimana diatur OJK (Otoritas Jasa Keuangan) untuk mengedukasi keuangan melalui literasi keuangan dan inklusi keuangan.

Baca: Sabrina Chairunnisa Hadiri Ultah Ibunda Dedy Corbuzier, Didoakan Berjodoh dan Dapat Restu!

"Kegiatan ini sebagai bentuk literasi, bentuknya berupa materi edukasi kepada sasaran berkaitan keberadan lembaga keuangan, bagaimana mengatur keuangan dan penguatan keuangan," jelasnya.

Kegiatan perdana ini pada tahap pertama diikuti 40 peserta dan akan berlanjut di kelurahan lainnya karena kegiatannya berkesinambungan.

"Tahap pertama cukup pengetahuan dasar. Tahap kedua nanti, mungkin materinya bagaimana memilih usaha untuk ibu rumah tangga dan lainnya," papar Hasan.

Baca: Bacaan Takbiran Idul Adha 2018, Termasuk Saat Pelaksanaan Sholat Ied dalam Bahasa Arab & Latin

Eko Fatahillah Hidayat, Direktur PT Sarana Kalsel Ventura, menyatakan, melalui kegiatan ini mereka berbagi pengetahuan tentang perencanaan keuangan keluarga

"Semoga ilmu yang didapatkan bisa diterapkan di rumahtangga, agar bisa dibedakan antara keinginan atau kebutuhan, jadi bisa diketahui apa yang lebih diutamakan," ujarnya.

Salah seorang peserta, Yeni, warga Pramuka Kompleks Citra Puri Raya, mengungkapkan, acara ini memang sangat diharapkan bagi ibu rumah tangga, karena sangat penting, agar tahu rincian pengeluaran dan pembukuan keuangan keluarga .

Baca: Suasana Mencekam di Mekkah Saat Badai Angin dan Hujan Deras, Kiswah Kakbah Tersingkap dan Sobek

"Kami memiliki usaha sewaan rumah, jadi harus ada pengetahuan mengelola keuangan. Bagaimana mencatat pengeluaran dan pemasukan sehingga dana bisa dibagi-bagi untuk tiap kebutuhan," ungkapnya.

Kalau ada pelajaran tentang pembukuan maka ia dapat menerapkan supaya tahu pembatasan keuangan agar cukup membiayai rumah tangga dalam sebulan.

(banjarmasinpost.co.id/salmah saurin)

Penulis: Salmah
Editor: Edinayanti
Sumber: Banjarmasin Post

Terekam Kamera Sosok Pria yang Diduga Selingkuhan Angel Lelga, Digerebek Vicky Berduaan di Kamar

Berita Populer