Kanal

Delapan hewan kurban terjangkit cacing hati, Namun Organ Lain Tetap Dinyatakan Aman untuk Konsumsi

Ilustrasi - Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin menemukan cacing hati sapi kurban pada Idul Adha 2016 lalu. - banjarmasinpost.co.id/murhan

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Ratusan hewan kurban telah dipotong pada perayaan Idul Adha di Kabupaten Banjar, Rabu (22/8/2018) kemaren. Namun dari ratusan hewan yang disembelih itu terdapat beberapa yang terjangkit cacing pita.

Kepala Bidang Peternakan, Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Banjar, Mahdalena, saat ditemui di kantornya, Kamis (23/8/2018) menyampaikan, ada delapan ekor sapi yang diketahui terjangkit cacing hati. Kemudian satu ekor di antaranya hatinya harus dibakar karena sudah mengalami kerusakan.

Namun ia jelaskan pula, meski ada yang terjangkit. Namun hanya pada bagian hati saja yang didapati cacing. Sedangkan pada organ lainnya masih layak dikonsumsi dan dipastikan aman.

Baca: Update Klasemen & Perolehan Medali Asian Games 2018 Usai Emas Dari Jafro Megawanto Cabor Paralayang

“Jadi dari 560 hewan kurban yang disembelih pada hari raya Idul Adha kemaren, 1,4 persennya terjangkit cacing hati. Kemudian dilakukan penanganan membakar hati atau membuang hati sapi itu. Sedangkan dagingnya masih bisa dimakan,” terang Mahdalena.

Ia pun mengatakan cacing hati masih bisa diatasi. Selain itu semua hewan kurban pun terlebih dahulu dicek kesehatannya sebelum dikurbankan. Namun ketika setelah dipotong didapati penyakit atau cacing hati, maka organ yang terjangkit harus dipisahkan atau dimusnahkan.

(Banjarmasinpost.co.id/ Isti Rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Banjarmasin Post

5 ABG Digerebek Hendak Gelar Pesta Seks di Makassar, 3 Gadis Masih di Bawah Umur

Berita Populer