Kanal

Omzet Cuci Mobil Saat Musim Kemarau Turun, Pengusaha Andalkan Salon Mobil

Suasana tempat cuci mobil BC Carwash - ist

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Saat musim kemarau seperti sekarang, pengusaha bisnis di bidang pencucian kendaraan tidak mengalami lonjakan peningkatan, bahkan cenderung menurun.

Dijelaskan owner King Carwash, Nugroho Wibowo, saat musim kemarau bagi pebisnis cuci mobil tidak merasa diuntungkan.

"Musim kemarau sekarang cuci mobil tidak ada peningkatan, malah cenderung turun karena saat kemarau kendaraan jarang kotor dan lebih bersih," ujar Nugroho.

Ia mengatakan saat musim kemarau atau hujan, baginya kurang menguntungkan dari segi omzet.

"Kalau hujan terus itu, masyarakat jarang yang mencuci mobilnya karena mereka merasa kendaraannya akan kotor lagi," jelasnya.

Baca: Update Perolehan Medali Asian Games 2018 - Medali Perak Diraih Tim Rowing Dayung Indonesia

Baca: Jadwal Siaran Langsung (Live) Trans7 MotoGP Inggris 2018 - Valentino Rossi Berharap Tampil Apik

Baca: Prediksi & Link Live Streaming SCTV Timnas U-23 Indonesia vs Uni Emirat Arab UAE Asian Games 2018

Ia melanjutkan, baginya sebagai pebisnis jasa cuci mobil, yang bagus itu saat cuaca tidak stabil, seperti ada hujan dan ada juga panasnya.

"Misalnya dalam seminggu dua hari hujan dan sisanya panas, nah saat itu ada terlihat lonjakan pencucian, keadaan itu bisa lebih dari 50 unit mobil yang mencuci," tuturnya.

Saat musim hujan atau kemarau, Nugroho menyampaikan kebanyakan mendapati kurang dari 50 unit mobil yang memakai jasa di tempatnya.

"Kalau saat kemarau panjang itu biasanya kurang dari 50 unit mobil, kadang setiap harinya 20, atau 30 mobil. Bahkan kalau musim hujan tidak sampai 20 mobil, demikian juga dengan motor" ungkapnya.

Hal demikian juga dirasakan BC Carwash, menurut pemiliknya, H Tarno, saat musim kemarau sekarang cenderung mengalami penurunan.

Ia merincikan kalau normal dalam sehariĀ  bisa menerima orderan hingga 15 mobil, tapi saat musim kemarau hanya bisa 8 unit mobil.

"Yang ramai itu bila musim panas diselingi hujan, tapi kalau panas berkepanjangan cenderung menurun," ujar H Tarno.

Baca: Sedang Berlangsung! Link Live Streaming Indosiar - Vidio.com Perorangan Bulutangkis Asian Games 2018

Baca: Jadwal MotoGP Inggris 2018 : Jumat Mulai Latihan Bebas, Rossi Dikritik Bos

Demikian juga dengan sepeda motor, meski tidak terlalu turun, kalau ramai bisa 15 unit sepeda motor sehari tapi saat musim kemarau hanya bisa mencuci 12 unit motor.

"Strategi menyiasati saat penurunan musim kemarauĀ  ini saya aktif tawarkan jasa salon semacam poles mobil, poles kaca anti jamur, poles body, dan perawatan interior," ujarnya.

Ia menambahkan selain menawarkan kepada pemilik mobil pribadi, ia juga menawarkan kepada institusi kantor yang ada di sekitar lokasinya.

(Banjarmasinpost.co.id/ Muhammad Maulana)

Penulis: M Maulana
Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Banjarmasin Post

Inilah Sosok Ibu Angkat yang Tega Siksa dan Sekap 3 Anaknya Bersama Ular dan Anjing di Makassar

Berita Populer